4 Perlombaan Agustusan Ini Rupanya Menyimpan Sejarah TRAGIS ? - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

4 Perlombaan Agustusan Ini Rupanya Menyimpan Sejarah TRAGIS ?

Masyarakat Indonesia tentu akan sangat berbangga hati dan senang luar biasa kala memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 A...
Masyarakat Indonesia tentu akan sangat berbangga hati dan senang luar biasa kala memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus, di mana pada tanggal tersebut Indonesia benar - benar sudah menyatakan Kemerdekaannya dengan memproklamasikannya.

Untuk memperingati hari kemerdekaan setiap warga di setiap kota maupun dusun selalu mengadakan lomba - lomba untuk memeriahkan Hari kemerdekaan, Akan tetapi siapa sangka jika dibalik kemeriahan perlombaan itu rupanya terdapat beberapa kisah yang tragis. dan mungkin diantara kalian ada yang bertanya - tanya dalam siapa orang yang menciptakan sebagian perlombaan yang ada pada 17 Agustus. Dan jawabannya pun hampir setiap orang tidak mengetahuinya.

Perlombaan Memeriahkan Kemerdekaan Yang Mengandung Sejarah Di Dalamnya ( Foto @Diary Mas Ifan )

Penemu - penemu perlombaan ini mirisnya memang tidak dijadikan sejarah untuk dikenang. Bisa jadi waktu itu benar - benar kurangnya sebuah wacana dokumentasi yang ada atau hanya sebuah ide yang dimana kala itu datang dengan begitu saja.

Akan tetapi meski tidak tau siapa penciptanya tentu saja kalian harus mengetahui ada sejarah apa dalam setiap perlombaan - perlombaan tradisional 17 Agustus yang kerap kita lihat itu.

Kemeriahan Lomba Makan Kerupuk Saat Agustusan

1. Lomba Makan Kerupuk
Perlombaan ini kerap kali diadakan untuk anak - anak untuk meriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Lomba memakan kerupuk yang ditalikan menggunakan benang tipis ini digantungkan secara berjejer - jejer selain itu, tali kerupuk ini akan ditempatkan sedikit lebih tingi dari tinggi badan anak yang mengikuti lomba.

Berdasarkan perkembangan jaman di beberapa wilayah permainan ini kerap juga kerupuknya di tambagi sedikit sambal. Triknya untuk memenangkan perlombaan makan kerupuk ini adalah kaki kamu harus menjinjit untuk bisa meraih kerupuk masuk ke mulut.

Sejarah :
Rupanya dibalik perlombaan ini ada history yang cukup membuat sesak hati. Di jaman dulu kala negara kita di jajah oleh Belanda. para terdahulu kita tidak mudah untuk bisa mendapatkan pangan. Mereka hanya bisa memakan nasi dan juga kerupuk.

Hingga pada akhirnya, pada hari kemerdekaan masyarakat pun memiliki inisiatif menjadikan lomba makan kerupuk sebagai salah satu perlombaan pada hari kemerdekaan.

Kemeriahan Lomba Balap Karung Saat Agustusan

2. Lomba Balap Karung
Apakah kalian pernah mengikuti permainan ini ?. Tentu buah kamu yang berkelahiran tahun 1990-an sudah pernah merasakan permainan ini setiap Agustusan.

Aturan dalam permainan ini adalah siapa yang cepat dia yang akan menang. Akan tetapi yang membuat sulit dan melelahkan adalah para peserta harus meloncat - loncat lantaran kaki mereka di selimuti oleh karung goni.

Trik untuk memenangkan perlombaan balap karung ini adalah fokus pada kondisi badan. Jika kamu merupakan seorang yang sudah sangat lincah dalam bermain loncat tali dan kerap berolahraga. tentu saja permainan ini tidaklah begitu berat.

Sejarah :  
Tidak terlalu banyak wacana yang saya bisa dapatkan dalam sejarah perlombaan balap karung ini akan tetapi saya menemukan ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa Lomba Balap Karung ini merupakan salah satu hal yang membuat kita mengingat Indonesia kala di jajah Negara Jepang di mana saat itu banyak Masyarakat Indonesia yang mengenakan Karung Goni sebagai pakaian sehari - harinya.

Kemeriahan Lomba Panjat Pinang Saat Agustusan

3. Lomba Panjat Pinang 
Perlombaan panjat pinang ini bahkan sudah menjadi icon utama dalam beberapa daerah untuk menghiasai dan memperingati kemerdekaan. Dengan aturan yang nyaris setiap daerah sama yaitu memanjat bambu, meski hanya memanjat, tidak lantas semua orang bisa melakukannya. Bayangkan saja , bambu yang memiliki ketinggian 10 meter atau lebih itu harus kamu panjat padahal sebelumnya sudah dilumuri oleh Oli.

Syarat dalam lomba ini adalah oli yang ada tidak boleh dibersihkan. Jika kamu melakukan hal tersebut maka otomatis kamu akan didiskualifikasi. Dan usai kamu berhasil memanjat. kamu bisa sesuka hatimu menarik semua hadiah dengan secepat yang kamu bisa.

Sejarah :
Nama Panjat pinang ini diambil dari bahasa Belanda. Dulunya permainan Panjat Pinang ini dinamakan De Klimmast yang mana berarti Panjang Tiang. Permainan ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Negara Belanda yang dibawa ke tanah air. Akan tetapi tidak ada satupun orang Belanda saat ini yang ingin mengikuti atau melakukan perlombaan ini.

Menurut Orang Belanda perlombaan ini kerap dibilang menjijikan, dari orang yang berada di bawah untuk menopang harus rela untuk di injak - injak sampai keatas. Kata "Diinjak" inilah yang membuat orang Belanda berinisiatif mengadakan perlombaan ini hanya untuk menertawakan Bangsa Indonesia.

Karena dulu bangsa kita ini memang susah sekali untuk bisa mendapatkan makanan. Bangsa kita pun hingga rela mendaftarkan diri untuk mengikuti perlombaan itu hanya untuk bisa mendapatkan sedikit beras.

Kemeriahan Lomba Tarik Tambang Saat Agustusan

4. Lomba Tarik Tambang
Nah, Jika perlombaan yang satu ini biasanya diikuti oleh orang - orang remaja dan juga dewasa. Untuk permainan ini sendiri biasanya diberlakukan KEADILAN, dimana kala sekelompok wanita yang berlomba maka lawannya pun juga pasti akan Wanita, Begitu sebaliknya.

Pada umumnya dalam lomba ini kamu harus terus bisa menahan tali dan menariknya dengan kuat sampai lawanmu tidak bisa menahannya. dan jika tali itu tertarik maka kamulah yang dinyatakan sebagai pemenangnya.

Sejarah : 
Pada jaman dulu Indonesia atau yang kerap disebut dengan warga pribumi oleh penjajah Belanda kerap dipaksa untuk kerja berat. Salah satunya adalah menggunakan tali tambang untuk menarik sebuah benda berat seperti batu, pasir atau benda - benda berat yang lainnya.

Kurangnya hiburan diwaktu penjajahan para pekerja kerap menjadikan tali tambak itu sebagai bahan guyonan dengan saling menarik berlawanan. Hingga sampai akhirnya usai mendapatkan Kemerdekaan kegiatan ini hingga kini dijadikan sebuah perlombaan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Mungkin masih banyak lagi perlombaan - perlombaan yang bersejarah yang selalu ada disetiap Agustusan untuk memperingati Hari Kemerdekaan, Akan tetapi Mirisnya sekarang ini banyak perlombaan - perlombaan agustusan yang tidak jelas dan terkesan justru seperti tidak mensyukuri kemerdekaan dan lupa Makna kemerdekaan yang sesungguhnya.

Berikut ini beberapa foto - foto perlombaan kemerdekaan yang tidak pantas dan terkesan tidak memaknai dan mensyukuri perjuangan :

Kemeriahan Lomba Makan Pisang Di Saat Agustusan ? ( Ini Lomba Agustusan Model Baru Yang Menurut Saya Kurang Ajar )
Kemeriahan Lomba Minum Susu Saat Agustusan ( Nah, Yang Ini Lagi Apa Tujuan Dan Maksudnya Coba ? )

Nah, Yuk sobat selamatkan generasi bangsa kita dari sebuah perlombaan - perlombaan baru yang tidak jelas, dan cenderung justru seperti sebuah simbolis perbuatan yang menuju kepada sebuah hal yang tidak baik. lestarikan perlombaan yang memiliki makna sejarah.

Yuk, sobat diary mas ifan bantu share sebanyak - banyaknya postingan ini dan semoga bisa bermanfaat untuk yang lainnya :) Terima Kasih
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus