Di Masjid Ini Ada Alquran Raksasa !!! - Welcome To Mas Ifan Blog

Di Masjid Ini Ada Alquran Raksasa !!!

Masjid Agung Baiturrahman adalah sebuah masjid yang terletak di Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Masjid ini menjadi pusat kegiat...
Masjid Agung Baiturrahman adalah sebuah masjid yang terletak di Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Masjid ini menjadi pusat kegiatan Agama Islam di Kota Banyuwangi. Salah satu ikonnya adalah Alquran Raksasa.

Pendirian Masjid Agung Baiturrahman sudah dimulai sejak 7 Desember  1773. Hal ini didasarkan pada surat wakaf dari keluarga besar Mas Alit atau Raden Tumenggung Wiraguna I, bupati pertama Banyuwangi untuk umat Islam Banyuwangi. Semula Masjid tertua dan monumental ini bernama Masjid Jami' Banyuwangi, sebuah tempat shalat yang sangat sederhana yang hanya dibatasi oleh kayu seadanya.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1844 oleh Bupaten Raden Adipati Wiryodanu Adiningrat mulai dibuangun dengan bangunan gedung permanen.

Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi ( Foto @onesalam.com )

Pada tahun 1971, Masjid Jami' kembali direnovasi sekaligus berganti nama menjadi masjid Agung Baiturrahman. Pemugaran Masjid Jami' ini selesai dalam kurun waktu 2 tahun yang dimulai tanggal 28 Maret 1969 sampai tanggal 8 Maret 1971. Peresmian Masjid Agung Baiturrahman ini dilakukan oleh Bupati Djoko Supaat Slamet dan Menteri Dalam Negeri Amir Machmud tanggal 12 April 1971.

MENGALAMI RENOVASI
Pada tahun 1986, Bupati S Djoko Wasito kembali melakukan renovasi dengan memugar atap masjid. Masjid Agung Baiturrahman direnovasi bentuk atapnya, yang semula berbentuk kubah dibongkar menjadi bentuk joglo. Namun, berdasarkan pemikiran bahwa atap joglo memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah rangka penyangga yang rumit sehingga rawan ambruk dan keadaan di dalam joglo yang kotor dan terkesan tidak teratur, maka Yayasan Masjid Agung Baiturrahman membangun kembali Masji Agung Baiturrahman. Peletakan batu pertama pada 9 September 2005.


Dalam tahap ini telah dibangun sebuah gedung Aula Baiturrahman yang cukup megah, yang berfungsi sebagai ruang shalat di waktu - waktu tertentu, pendidikan keagamaan, kegiatan administrasi takmir dan lain - lain.

Pada tahapan selanjutnya (2006-2007) dibangun tempat wudu untuk jamaah pria dan jamaah wanita. Dibangun pula ruang shalat serambi selatan 2 lantai yang beratapkan kubah geser dan ruang shalat selatan lantai 1 dan 2. Sementara untuk pada tahapan selanjutnya (2009-2010) dibangun ruang shalat utama, ruang shalat utara, dan ruang pendukung (melanjutkan pembangunan ruang shalat serambi selatan dan tangga utama).

MENJADI IKON
Sejak kehadiran Alquran dengan ukuran raksasa di Masji Agung Baiturrahman Banyuwangi, tempat ibadah tersebut mulai ramai akan jamaah.


Hadirnya mereka ke tempat ibadah yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Banyuwangi itu bukan hanya sekedar ibadah. Melainkan melihat pesona Alquran yang berukuran 1,5 x 2 meter itu.

Dengan banyaknya jamaah yang berdatangan, secara tidak langsung kitab suci umat Islam itu menjadi ikon di Banyuwangi, Bahkan, berdasarkan keterangan penulis Alquran raksasa, H Abdul Karim, benda tersebut adalah ikon Wisata religi Banyuwangi. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi menyempatkan diri singgah ke Masjid Agung Baiturrahman untuk melihat secara langsung Alquran dalam ukuran besar tersebut.

Nah, buat Sobat Diary Mas Ifan yang mau berwisata Religi bisa deh nih Masjid Agung Baiturrahman, Banyuwangi dijadikan salah satu destinasinya :) Semoga bermanfaat.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus