Ketika Anak Mulai Kecanduan Game Online - Welcome To Mas Ifan Blog

Ketika Anak Mulai Kecanduan Game Online

Munculnya  game online yang beragam memang menarik bagi anak - anak. Tak jarang, hal ini membuat si kecil kecanduan. Efeknya adalah, selain...
Munculnya  game online yang beragam memang menarik bagi anak - anak. Tak jarang, hal ini membuat si kecil kecanduan. Efeknya adalah, selain mempengaruhi perkembangan perilaku, anak juga menjadi kurang sosialisasi. Untuk itu proses pendampingan dari orang tua adalah sangat diperlukan.

Sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban untuk mengontrol dan membimbing anak - anaknya. Game Online ini muncul tidak lama setelah datangnya era Internet.

"Game Online sangat disukai anak - anak. Hampir tak ada anak yang tidak suka dengan game model ini."

Ketika Anak Mulai Kecanduan Game Online

TIDAK SPORTIF
Menurut saya untuk saat ini para orang tua sebaiknya juga turut ikut mengawasi buah hatinya saat bermain game online. Tempat - tempat penyedia game onlie selalu ramai dipenuhi anak - anak. Meskipun ramai, seorang anak yang sedang bermain game lewat internet hampir tidak membutuhkan interaksi dengan teman sekitarnya. Pasalnya, yang dihadapi di depan mata adalah sebuah benda mati, yaitu komputer dan internet.

Anak - anak cenderung beraktivitas melalui sebuah perilaku modeling. Jika game online menunjukkan sebuah kekerasan, maka bisa saja seorang anak juga akan melakukan tindakan kekerasan seperti dalam sebuah game online yang dimainkannya. Selain itu, game online juga mengajarkan kepada anak untuk berbuat tidak sportif. Pasalnya, jika sudah mengalami kekalahan, maka seorang anak dapat mengulangi permainan tersebut agar selalu menjadi pemenang.

"Sikap tidak sportif tersebut jika dibawa dalam kehidupan sehari - hari tentu tidak akan menguntungkan dirinya. Padahal seorang anak juga harus diajarkan berbesar hati dalam menerima sebuah kekalahan dalam sebuah organisasi atau kelompok."

Lebih jauh lagi, seorang anak yang bermain game online cenderung juga akan menjadi maniak. Bila sudah kecanduan game online, apapun bisa dilakukan termasuk melakukan hal negatif. Demi game ini misalnya, seorang anak bisa bolos sekolah, menyelewengkan uang SPP, atau bahkan mengambil uang teman dan lain -l lain.

"Seorang anak bahkan rela untuk tidak jajan atau bahkan masuk sekolah hanya karena ingin terus - menerus bermain game online."

MEMPENGARUHI KESEHATAN
Bermain game online identik dengan duduk lama berjam - jam di depan layar monitor. Seorang anak yang maniak game online akan betah duduk sendiri di depan komputer. Anak tersebut bahkan hampir tak membutuhkan interaksi dengan teman atau orang dekat, kecuali ada masalah dengan permainan yang ditekuninya. Jika hal itu dilakukan secara terus menerus, maka bahaya game online pada kesehatan anak bisa datang sewaktu - waktu.

Bahaya pertama adalah kelelahan maya (eye strain). Ini adalah kondisi mata yang kelelahan setelah digunakan secara intens dan dalam waktu cukup lama. Mata terus - menerus dipaksa untuk menatap obyek yang sama seperti TV, layar monitor, atau mikroskop. Biasanya para maniak game disamping menatap monitor terus - menerus, mereka juga sering lupa berkedip sehingga malah menambah kelelahan mata.

"Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan melalui sebuah piranti elektronik jelas akan mengganggu kesehatan anak, terlebih dalam waktu yang cukup lama."

HARUS DIDAMPINGI
Seorang anak harus mendapatkan dampingan kala bermain game online sekalipun melalui sebuah handphone ataupun komputer. Orang tua sebaiknya juga up to date dengan mengetahui setiap jenis permainan yang dimainkan oleh anak - anak. Selain itu, berikan penjelasan kepada anak - anak sebanyak mungkin agar mengerti akan konsekuensi dari setiap permainan game online.

"Orang tua harus tetap terlibat penuh dari sebuah konsekuensi yang dilakukannya karena mendekatkan anak - anak kepada sebuah game online. Oleh karena itu, para orang tua harus selalu mengawasi dan memberikan informasi yang cukup kepada setiap buah hatinya saat bermain game online."

Nah, begitulah sobat diary.masifan.com jangan lantas kita sebagai orang tua selalu menyalahkan kemajuan jaman yang ada dan melarang anak - anak untuk mencicipi sebuah kemajuan jaman. yang perlu kita lakukan adalah masuk kedalamnya dan memberikan pengarahan. Jika postingan ini bermanfaat dibantu juga sharenya ya sobat.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus