Mengajak Anak Suka Berbagi - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

Mengajak Anak Suka Berbagi

Mengajak anak untuk membantu sesama, bersedekah ataupun melibatkan mereka pada kegiatan sosial tak hanya bermanfaat menumbuhkan rasa peduli ...
Mengajak anak untuk membantu sesama, bersedekah ataupun melibatkan mereka pada kegiatan sosial tak hanya bermanfaat menumbuhkan rasa peduli anak akan sekitarnya. Akan tetapi sikap ini akan menumbuhkan jiwa anak menjadi suka berbagi pada orang lain. Dengan demikian, akan melunturkan sikap cuek dan egois pada diri anak.

Melihat si kecil membantu temannya atau melihatnya tumbuh menjadi anak yang peduli dengan sekitarnya, tentu membuat setiap orang tua bangga. Sejatinya setiap individu sejak lahir memiliki rasa empati terhadap lingkungan sekitarnya.

Terbukti dengan seorang bayi yang menangis dalam satu ruangan, maka bayi - bayi lain juga akan ikut menangis. Hal tersebut menandakan bahwa secara alamiah anak kecil telah memiliki rasa peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Ilustrasi Mengajak Anak Untuk Suka Berbagi

PERAN KELUARGA
Untuk membentuk rasa peduli pada si kecil, dibutuhkan peran besar dari orang tua. Dimana orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk perilaku pada anak, termasuk membentuk rasa kepeduliannya terhadap sekitar.

Keluarga sendiri adalah unit social terkecil dari Masyarakat, tempat pertama kali nak belajar berinteraksi dengan individu lainnya.

"Kalau anak sering melihat ayah ibunya berbagi dengan orang lain, maka ia juga akan meniru perilaku orang tuanya,"

Jadi jangan harap orang tua yang jarang menunjukkan rasa pedulinya terhadap orang lain berharap sang anak akan memiliki rasa peduli dengan sekitarnya. Anak yang memiliki perilaku yang cuek kemungkinan besar dia juga mendapati perilaku yang demikian pada orang tuanya.

Selain memberi contoh, orang tua bisa mendidik putra - putrinya menjadi individu yang peduli melalui bercerita. Dengan bercerita orang tua bisa menjelaskan pada buah hatinya mengenai kelebihan - kelebihan jika si anak berbuat baik atau peduli dengan temannya.

Tak hanya orang tua, peran pendidik di sekolah juga sangat berpengaruh. Hendaknya guru menanamkan rasa kepedulian dengan anak didiknya melalui kegiatan - kegiatan yang bersifat sosial. Seperti berbagi dengan anak - anak yang kurang beruntung misalnya.

Guru bisa langsung memberi contoh kepada anak bagaimana ia harus bersikap terhadap teman sebayanya. Tak hanya itu guru juga bisa melatih kepedulian dengan membentuk kelompok - kelompok belajar.

PEMBERIAN REWARD
Memberikan reward atau penghargaan pada si kecil juga sangat membantu dalam membentuknya menjadi individu yang peduli. Memberinya pujian atau hadiah - hadiah saat ia berbuat baik atau peduli dengan temannya sama halnya dengan memotivasinya untuk mengulangi perbuatannya.

Berdasarkan dari pengalaman pribadi saya, dengan memberikan penghargaan saat ia peduli terhadap lingkungannya, kita sebagai orang tua mengajarkan bahwa itu adalah perbuatan yang menyenangkan sehingga si kecil akan terus mengulanginya.

Tentunya sangatlah penting bagi orang tua untuk menanamkan jiwapeduli dalam anak. Anak yang memiliki jiwa peduli, mereka akan lebih sukses dalam bermasyarakat.

Anak yang memiliki sifat demikian akan lebih disukai banyak temannya, dari situ akan tumbuh rasa percaya diri yang tinggi. Lambat laun mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang menarik dan disukai banyak orang.

Nah, itulah berdasarkan pengalaman saya untuk mengajari anak supaya suka untuk berbagai dan peduli dengan sesama. Jika Postingan ini bermanfaat bisa tolong juga dibantu sharenya ya sobat. Matur Nuwun.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus