Saat Si Kecil Mulai Berkata Buruk !!! - Welcome To Mas Ifan Blog

Saat Si Kecil Mulai Berkata Buruk !!!

Apakah Anak Anda sudah mulai sekolah di TK A. Dulu ia merupakan anak yang sangat manis dan juga penurut. Kata - kata yang selalu diucapkan s...
Apakah Anak Anda sudah mulai sekolah di TK A. Dulu ia merupakan anak yang sangat manis dan juga penurut. Kata - kata yang selalu diucapkan selalu terdengar baik. Akan tetapi semenjak banyak berteman baik di sekolah ataupun di kompleks ia jadi sembarangan berbicara, sering terdengar ia mengatakan beberapa kata - kata yang tidak pantas dikatakan atau ejekan untuk temannya yang mana kata - kata ejekan tersebut tidak pernah diajarkan oleh satu keluarga di rumah.

Kata - kata tidak pantas itu tidak hanya dikatakan kala dirinya sedang dalam kondisi terpojok atau kala ia merasa tidak aman dengan beberapa sikap temannya. Melainkan juga kala merasa senang atau merasa lucu dengan ulah dan juga sikap temannya.

Mungkin Anda pernah melakukan teguran sehingga membuat Anak Anda terdiam dan kemudian ia mengulangi lagi kata - kata buruk tersebut.

Nah, Bagaimana Agar Anak tidak menjadi kebablasan !!!! Berikut ini jawabannya :)

Ilustrasi Saat Anak Mulai Bicara Buruk

PELAN - PELAN DAN JANGAN MEMIKIRKAN HASIL CEPAT

Pengaruh teman bagi anak merupakan suatu kondisi yang tidak bisa dihindarkan. Saat anak berada di antara teman - temannya maka rasa kebersatuan dengan teman dan kerabat adakalanya dilampiaskan dengan mengungkapkan kata - kata yang secara ekspresif membangkitkan perasaan lucu, dan perasaan kebersamaan walaupun adakalanya kata - kata tersebut berdampak menyakiti atau membuat tersinggung teman lain.

Dalam hal ini anak sebenarnya berekspreimen dengan perilakunya sendiri dan masih belum begitu paham dampak dari kata - kata yang ia ucapkan terhadap perasaan atau kondisi teman lain. Dan untuk anak seusia anak Anda memang ejekan, cemoohan adalah hal yang menjadi ekspresi perasaan anak saat mengamati kondisi anak lain yang membangkitkan keinginannya untuk memberi komentar, walaupun mungkin kata - kata yang diungkapkan jauh dari harapan atau persetujuan Anda.

Sebaiknya Anda jangan memberi reaksi yang berlebihan terhadap penggunaan nama ejekan ini, tetapi juga jangan mendukungnya, misalnmya dengan ikut - ikutan tertawa. Ketika anak - anak mengeluarkan kata - kata yang tidak anda sukai baik terhadap temannya maupun terhadap diri Anda, jelaskan bahwa penggunaan kata kasar dapat melukai perasaan orang lain, seperti halnya penggunaan tangan untuk memukul dapat melukai tubuh orang lain.

Tunjukan kepadanya cara lain yang lebih bisa diterima dalam menghadapi situasi apakah menyenangkan atau situasi yang membuat anak merasa tertekan. Informasikan beberapa kata - kata yang tepat saat anak melihat anak lain lucu atau menyenangkan dengan mengajarkan anak untuk mengatakan demikian, misalnya : "Iwan lucu...", atau saat anak merasa jengkel dengan anak lain ajarkan ia mengungkapkan perasaannya dengan mengajarinya mengatakan demikian untuk mengganti julukan - julukan yang negatif, seperti : "kamu membuat saya marah ...", dan sejenisnya. atau memilih untuk tidak bermain dengan anak yang mengganggunya.

Tetapi jangan berharap dengan mengajarkan pada anak kata - kata yang benar, Anda sukses dalam waktu sekejab. Tidak demikian karena selagi anak tergelitik atau tertekan secara emosional mungkin ia akan melakukan hal yang sama, dan dengan Anda selalu mengingatkan diwaktu dan saat yang tepat untuk mengkoreksi kata - kata. Insya Allah lambat laun anak akan bisa mengubah kebiasaan buruknya. Semoga Berhasil :)
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus