Sejarah Boneka Unyil Ciptaan Alm. Suyadi Yang Mulai Terkikis Jaman - Welcome To Mas Ifan Blog

Sejarah Boneka Unyil Ciptaan Alm. Suyadi Yang Mulai Terkikis Jaman

Si Unyil awalnya merupakan sebuah seri televisi di Indonesia yang diproduksi oleh PPFN yang mana kala itu mengudara pada Minggu pagi untuk m...
Si Unyil awalnya merupakan sebuah seri televisi di Indonesia yang diproduksi oleh PPFN yang mana kala itu mengudara pada Minggu pagi untuk memenuhi tontonan yang mendidik anak - anak bangsa yang di siarkan di Stasiun TVRI yang dimulai pada 5 April 1981 hingga 1993. Dan kemudian banyak perubahan tayangan di mana pada 21 April 2002 Si Unyil di Siarkan di RCTI dan kemudian berpindah ke TPI pada 2003. Boneka Si Unyil ini di ciptakan oleh seorang seniman berkelas bernama Suyadi.

Film Si Unyil memang khusus di produksi dalam berupa film seri boneka yang ditujukan khusus untuk anak - anak di mana dalam film seri tersebut mencertiakan mengenai seorang anak Sekolah Dasar yang kemudian usai bertahun - tahun lamanya bisa mencapai posisi SMP ( Sekolah Menengah Pertama ).

Pak Raden "Suyadi"  Dan Boneka Si Unyil dan Boneka Pak Raden ( Foto @U-Report )

Nama Unyil sendiri berasal dari kata "Mungil" yang berarti "Kecil". Si Unyil sendiri sudah menjadi bagian dari hal yang tidak dapat terpisahkan dari Budaya Populer di Indonesia, banyak orang yang tidak bisa melupakan berbagai unsur seri ini, yang dimulai dari tema lagu dan juga kata - kata yang ada di dalamnya seperti kata - kata "Hom-Pim-Pah alaiyum gambreng !", "CEPEK dulu dong !" hingga tokoh - tokoh di dalamnya seperti Pak Raden dan juga Pak Ogah.

Saat ini boneka - boneka Asli si Unyil buatan Almarhum Suyadi berada di Jakarta dan menjadi koleksi di Museum Wayang.


Pada tahun 2001 film ini di coba diangkat kembali oleh PPFN dengan bantuan Helmy Yahya dengan mencoba mengikuti dan di sesuai dengan perkembangan jaman akan tetapi upaya itu bisa dibilang gagal. dan pada tahun 2007, acara Unyil dihidupkan lagi dengan nama Laptop Si Unyil yang di produksi oleh Trans7. dalam produksi itu baik karakter, lagu pembuka dan juga cerita tetap dipertahankan akan tetapi ada beberapa yang diperbaharui dengan seiring berkembannya zaman. Seperti di mana Pak Ogah yang tadinya kerap berkata "Cepek dulu dong" saat ini diganti menjadi "Gopek dulu dong", dan juga Unyil yang tadinya selalu didampingi oleh temannya dalam membahas mengenai hal - hal pendidikan / edukasi.



TOKOH - TOKOH BONEKA SI UNYIL


Semoga kedepannya Serial Film Si Unyil ini di bangkitkan lagi, Karena Si Unyil sangat bagus untuk membantu anak - anak terhindar dari Sinetron jaman sekarang ini yang nyaris semuanya tidak ada unsur edukasinya. Perlu diketahui bahwa Boneka Unyil karya Almarhum Suyadi ini sudah banyak sekali mendapatkan penghargaan tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga luar negeri seperti halnya UNICEF yang juga pernah memberikan penghargaan kepada Suyadi atas karyanya dalam membuat boneka dan cerita Si Unyil.

BERIKUT SALAH SATU SERIAL FILM SI UNYIL TAHUN 80"AN.


Yuk, sobat bantu di share ke temen - temen yang lain semoga share yang Sobat diary mas ifan lakukan bisa bermanfaat untuk yang lainnya :) Terima Kasih
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus