Si Bos Yang Sederhana Dan Murah Senyum Bob Sadino - Welcome To Mas Ifan Blog

Si Bos Yang Sederhana Dan Murah Senyum Bob Sadino

Meninggalnya Bob Sadino membuat dirinya dikenang baik masyarakat Indonesia. Mulai dari sosok nyentrik dengan celana pendek dan topi koboy t...
Meninggalnya Bob Sadino membuat dirinya dikenang baik masyarakat Indonesia. Mulai dari sosok nyentrik dengan celana pendek dan topi koboy tapi tetap sederhana, sehingga sikapnya yang ramah. Ia menjadi tokoh Inspirasi bagi wirausahawan muda. Berikit kisahnya.

Sosok pengusaha sederhana Bob Sadino meninggal dunia pada 19/01/2015 di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Pengusaha yang kerap tampil dengan celana pendek itu meninggal karena sakit. Pria kelahiran 9 Maret 1933 di Tanjung Karang, Lampung merupakan tokoh entrepreneurship Indonesia yang mampu menginspirasi wirausawan berkat kegigihan dan kerja kerasnya.

Bob Sadino Sang Inspirator Hebat ( Foto @dream.co.id )

Amalan kebaikan yang dipupuk Bob Sadino juga membuat warga sekitar mengenangnya dengan baik. Sebut saja Nawawi, tetangga Bob Sadino bercerita, di tengah kesuksesannya dalam berbisnis peternakan dan supermarket, Bob merupakan sosok yang ramah kepada tetangganya. Kesantunan itu ditampakkan Bob ketika berpapasan dengan tetangga yang lain. Jika sudah begitu, Bob selalu bertegur sapa dengan tersenyum saat berangkat dari rumahnya.

"Orangnya biasa saja. Kadang kalau mau berangkat ke kantor, selalu membuka kaca, menyapa saya. Karena kan setiap hari bolak - balik lewat jalan kesini," Ungkap Nawawi.

Nawawi sendiri juga kerap berbincang atau melihat Bob Sadino sedang ngobrol dengan tetangga lainnya. Jika di tempat tinggalnya ada kerja bakti, maka Bob Sadino selalu turut membantu. Seperti halnya beberapa waktu lalu, ada pembangunan pos keamanan. Maka Bob meminjamkan mobilnya untuk mengangkut pasir.

"Orangnya enak diajak ngobrol. Almarhum tanya soal keamanan di sini bagaimana," imbuh dia.

MUDAH TERSENYUM
Sejumlah ungkapan belasungkawa juga diucapkan para tokoh Indonesia. Saat melayat di rumah duka Bob Sadino Jalan Cirendeu, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin 19/01/2015, BJ Habibie, mantan Presiden RI merasa kehilangan atas kepergian Bob Sadino. Kedekatan Bob Sadino dengan BJ Habibie terbilang cukup akrab. BJ Habibie mengaku jika Bob Sadino merupakan teman kuliahnya saat di Jerman, tapi berbeda universitas. Mulai itulah, kedekatan antara Bj Habibie dengan Bob Sadino mulai terjalin. "Saya mengenal sejak mahasiswa. Kampusnya berbeda jarak, tidak sampai 100 km, saat di Jerman," ucap BJ Habibie.

Menurut Habibie, Bob Sadino merupakan salah satu pengusaha yang bisa memberikan contoh baik. Mulai dari karakter kepribadian yang selalu sederhana dan tersenyum kepada siapa saja. Kemudian juga jiwa yang pantang menyerah membuat Bob Sadino menjadi pengusaha yang sukses.

Inilah yang menurut Habibie kepribadian baik Bob Sadino yang perlu dicontoh. Habibie menceritakan, sebelum Bob Sadino Meninggal, ia sempat menjenguknya di rumah sakit. Namun kala itu kondisi Bob Sadino sudah koma. Habibie lantas hanya memanjatkan doa untuk kesembuhan Bob Sadino seraya mencium tangannya. Ia juga tidak sempat mengobrol lantaran kondisi Bob yang buruk. "Meskipun saya lebih tua daripada Almarhum tiga tahun. Dia berharap apa yang sudah dilakukan, generasi berikutnya bisa melaksanakan lebih baik dari dirinya," Kata BJ Habibie.

SOSOK INSPIRATIF
Di kalangan pengusaha, Bob juga salah satu Inspirasi bagi banyak orang yang memulai wirausaha. Menurut Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi Lukman, mayoritas karyawan Bob Sadino berwirausaha sendiri.

Itu semua tentu dorongan dari Bob. Makanya tak heran jika mantan karyawan Bob Sadino banyak yang sukses. Sehingga Bob Sadino dikenal luas sebagai salah satu tokoh inspirasi bagi seseorang yang ingin berwira usaha.

Sifat Bob Sadino yang menginspirasi para kompetitornya, membuat kompetitor bersemangat untuk lebih maju lagi. Ia menilai, Bob Sadino berhasil membangun karakter para karyawannya agar mentalnya kuat dalam berwirausaha. Meskipun di dunia industri tidak menonjol, tapi hasil didikan Bob Sadino hampir semuanya sukses di dunia industri. Lebih dari itu, Bob Sadino yang dikenal sebagai pengusaha nyentrik itu memiliki sikap profesional menjalankan usahanya. Terbukti, para pengelola perusahaannya bukan dari pihak keluarga, tapi pihak yang benar - benar profesional di bidangnya.

"Sebagai individu pengusaha, ia lebih banyak membangun mental usaha di dalam perusahaannya," imbuh Adhi.

Ketua Umum DPP Partai Golongan Karya Aburizal Bakrie juga tampak melayat di kediaman Bob Sadino. Begitu sampai, Ical langsung memanjatkan doa di samping jenazah Bob sadino. Dari pengamatan Ical, Bob adalah sosok yang sangat sederhana. Karakternya masih sama saja seperti dulu. Meskipun kesuksesan sudah dicapainya, Bob tetap apa adanya. Pribadi itulah yang membuat Ical merasa terkesan. Apalagi dengan gaya pakaian Bob yang apa adanya.

"Saya kenal almarhum sudah puluhan tahun pada waktu itu. Ia tidak pernah merasa sombong dengan pencapaian - pencapaian yang dimilikinya. Konsistensi Bob sebagai pengusaha dan kejeliannya adalah nilai lebih yang dapat diteladani," jelas Ical.

Berbeda lagi dengan penuturan Melly Manuhutu. Menurutnya, Bob Sadino merupakan mentor bagi semua pembisnis muda. Hal itu juga dirasakan Melly yang kini juga menggeluti bidang yang sama seperti Bob Sadino. Kedekatan Melly dengan Bob Sadino terjadi lantaran seringnya Bob memberikan masukan positif dalam menjalankan bisnis. Ia sendiri sudah lama tak bertemu dengan Bob.

"Yang jelas pertemuannya selalu bicarain soal pertanian mulu." tegas Melly.

Kendati demikian, Melly merasa shock atas kabar duka meninggalnya Bob Sadino. Perkenalan Melly dengan Bob Sadino sejak menjadi gadis sampul mengingatkan pesan yakni sebagai seorang pembisnis, maka juga harus membantu petani yang lain.

"Semoga segala tindak baiknya kepada petani menjadi berkah buat almarhum." doa Melly.

Kegigihan dan juga sikap pantang menyerah yang ditunjukan oleh Bob Sadino merupakan kekuatan terbesar dirinya bisa mendapatkan kesuksesan dibidangnya. Inilah yang patut dicontoh untuk kita semuanya. meskipun usahanya sudah sukses pun Bob Sadino tetap saja sederhana dan murah senyum.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus