Menghadapi Persaingan Di Tempat Kerja - Welcome To Mas Ifan Blog

Menghadapi Persaingan Di Tempat Kerja

Persaingan bisa terjadi di mana saja, termasuk di tempat kerja. Seringkali persaingan ini tidak berbahaya. Bahkan bisa meningkatkan moral ya...
Persaingan bisa terjadi di mana saja, termasuk di tempat kerja. Seringkali persaingan ini tidak berbahaya. Bahkan bisa meningkatkan moral yang sehat. Lepas dari Anda mendambakan perhatian dari bos atau mengincar promosi, Anda mungkin berusaha menerima tugas yang perlu kerja lebih  keras. Atau berusaha lebih  produktif agar diperhitungkan. Kadang, ada kolega yang mencari jalan pintas untuk memenangkan kompetisi dengan sabotase dan menusuk dari belakang.

Cara terbaik menghadapi rekan seperti ini adalah hadapi masalah. Saya menjuluki orang seperti ini dengan kata frenemies di tempat kerja. Sering kali mereka akhirnya sabotase mereka sendiri. Tapi yang tidak sabotase mereka sendiri perlu dihadapi secara langsung. Rekan yang menusuk dari belakang beroperasi dengan asumsi, tak ada yang menentang mereka. Karena itu, mereka biasanya surut jika seseorang akhirnya menentang mereka.

Ilustrasi Persaingan Kerja ( Foto @suarawajarfm.com )

Berikut, yang boleh dan jangan Anda lakukan dalam menghadapi persaingan di tempat kerja ala Diary Mas Ifan :  
  • Jangan takut menghadapi rekan kerja secara langsung. Mereka biasanya hanya penggertak dan menganggap kebanyakan orang akan menyingkir.
  • Hadapi orang tersebut secara empat mata ketimbang mencoba diskusi lewat e-mail. E-mail bisa menimbulkan salah paham atau bisa disalahtafsirkan.
  • Jangan buat diskusi personal. Bicara singkat dan batasi pada masalah - masalah riil di tempat kerja.
  • Tetapkan perang secara bijak. Jangan buang energi untuk perang yang tak bisa dimenangkan.
  • Jangan menganggap frenemies bisa berubah dengan sendirinya. Mereka biasanya tak akan berubah.
Jika konfrontasi gagal. coba tawarkan pendekatan lain. Jika Anda bekerja dengan si pencuri ide atau seseorang yang mengakui hasil kerja keras Anda sebagai hasilnya, berpikir seperti pengacara. Gunakan saran berikut ini.

CARI SAKSI

Pastikan ada orang lain yang tahu apa yang sedang Anda kerjakan sesering mungkin. Sebagai contoh, jika Anda sedang menggarap brosur, pastikan kirim copy kepada semua orang yang terlibat dalam proyek itu lewat e-mail, voice-mail dan memo sehingga Anda punya bukti, bahwa Andalah yang mengerjakannya.

KUMPULKAN BUKTI

Buat laporan segala sesuatu yang Anda kerjakan sehingga Anda punya bukti tertulis dari semua upaya Anda. Cara ini baik karena Anda tak pernah tahu jika Anda perlu intervensi HRD jika terjadi sesuatu yang buruk.

Terakhir dan yang paling penting, jangan pernah berpikir untuk balas dendam dengan melakukan keburukan pada rekan Anda. Memang, tidak harus menerima perbuatan buruk itu, tapi jika Anda balas dengan menyebarkan gosip atau melakukan tindakan yang tidak profesional, Anda berisiko merusak reputasi sendiri.

Nah, itulah sobat diary mas ifan mengenai cara hebat untuk menghadapi persaingan di tempat kerja, Satu lagi yang tidak kalah penting saat dalam situasi tersebut pastikan Anda tidak dalam kondisi emosi dan harus tetap selalu sabar dan tenang.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus