Menulis Jurnal Untuk Menjernihkan Pikiran Dan Hati - Welcome To Mas Ifan Blog

Menulis Jurnal Untuk Menjernihkan Pikiran Dan Hati

Menulis jurnal termasuk salah satu alat yang paling ampuh untuk mengenal diri sendiri. Menulis juga bisa menjernihkan pikiran dan hati. Memb...
Menulis jurnal termasuk salah satu alat yang paling ampuh untuk mengenal diri sendiri. Menulis juga bisa menjernihkan pikiran dan hati. Membuat kita bisa merumuskan pemikiran dan memberikan penenangan di saat kita bingung atau guncang.

Selain kreatif, menulis memberi peluang kepada Anda untuk mengamati hidup Anda dengan pandangan baru. Mulai sekarang juga dan semangat Anda akan meningkat, hidup juga jadi lebih menarik.

SELAMAT BERPISAH DENGAN PENGRITIK DARI DALAM
Pensiunkan pengkritik dari dalam. Bungkam suara yang mengatakan hanya ada satu cara untuk menulis atau bilang Anda tak bisa menulis. Pulangkan dia ke taman kanak - kanak di mana Anda bertemu pertama kalinya dengan para guru yang bermaksud baik tapi memberikan pengarahan yang salah, yang mengatakan langit selalu biru, rumput selalu hijau, dan cara Anda salah. Menulis Jurnal kreatif membuat Anda mendengar, membaca dan mengembangkan suara Anda sendiri yang unik. Selain itu, sesudah menulis jurnal mengalir lancar, suara kritik itu secara umum akan diam. Kekuatan untuk membesarkan hati dan penghargaan akan tumbuh.

Ilustrasi Menulis Jurnal ( Foto @diary mas ifan )

TEMUKAN HAL-HAL BARU
Sambil nulis, perhatikan, Anda jarang tahu apa yang Anda tahu sampai Anda melihatnya pada lembaran kertas. Biarkan diri Anda kaget sendiri. Apa yang lebih menarik ? Anggap penulisan setiap hari sebagai penemuan atau sebagai ungkapan batin Anda ke dunia luar. Setiap hari adalah awal baru.

UNTUK DIRI SENDIRI
Tulis jurnal untuk diri sendiri. Bukan untuk orang lain. Simpan jurnal Anda di tempat yang aman, Anggap ini sebagai kebenaran yang suci. Anda akan menulis secara lebih bebas jika jurnal Anda bersifat privat. Hubungan Anda dengan orang lain akan mendapatkan manfaat ketika Anda mendapatkan pencerahan, kejernihan, dan penenangan. Hal ini berkemungkinan besar terjadi jika Anda jujur, berani dan tidak menulis dengan mata orang lain pada halaman buku.

NIKMATI PROSES, BUKAN TUJUAN
Dalam menulis jurnal, proses jauh lebih penting dibanding tujuan. Pada kenyataannya, menulis jurnal memberi peluang besar untuk merenung dan mempertajam tujuan - tujuan. Periksa apakah itu benar - benar tujuan Anda dan bukan tujuan orang lain. Proses kembar refleksi dan penemuan bisa mendatangkan pengungkapan tak terduga. Anda akan diberi peluang untuk membuat pilihan - pilihan baru dalam hidup mengenai apa yang paling penting untuk Anda.

BIARKAN RASA PERCAYA DIRI TUMBUH
Percaya bahwa hampir segala sesuatu yang dikatakan kepada Anda tentang cara menulis yang baik dan buruk itu tidak relevan atau salah. Dengan cara ini, Anda akan memahami arti menulis secara bebas, tidak disensor. Anda akan percaya dengan kemampuan Anda mengungkapkan semua penemuan Anda, ke luar dan ke dalam. Yang lebih hebat lagi, harga diri Anda akan terus tumbuh menjadi lebih aman karena pikiran Anda menjadi benar - benar pikiran sendiri, bukan pinjaman, gelisah atau menyenangkan, tapi segar, langsung dan orisinal.

TULIS TENTANG DUNIA SEKITAR ANDA
Menulis jurnal itu subyektif. Anda akan menemukan jauh lebih banyak tentang diri sendiri. Dunia sekitar Anda juga akan lebih menarik. Tak ada pengalaman sia - sia dalam menulis jurnal. Berdiri di pojok jalan tak akan membuat Anda marah karena teman Anda terlambat, Anda benar - benar asyik dengan dunia sekitar Anda. Keterampilan menulis jurnal membuat Anda bisa mengamati detail, mendapatkan pandangan baru tentang hal - hal yang familiar dan menggunakan semua indra Anda.

NIKMATI KEMEWAHAN TEKNOLOGI RENDAH
Menulis Jurnal adalah seni yang hening dan intim : hanya ada Anda, buku tulis, dan pena. Tak ada teknologi, tak ada biaya (nyaris), selalu portable. Benar - benar cara yang indah untuk belajar mengungkapkan diri sendiri, dan menjalani hidup secara lebih penuh, termasuk menuliskannya.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus