Air Terjun Surodipo, Keindahan Tersembunyi Yang Ada Di Temanggung - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

Air Terjun Surodipo, Keindahan Tersembunyi Yang Ada Di Temanggung

Temanggung, Jawa Tengah memang banyak sekali menyimpan objek wisata alam yang sangat menarik salah satunya adalah Air Terjun Surodipo yang b...
Temanggung, Jawa Tengah memang banyak sekali menyimpan objek wisata alam yang sangat menarik salah satunya adalah Air Terjun Surodipo yang begitu indah dan tinggi mencapai lebih dari 100 meter.

Tidak hanya ada Gunung Sindoro dan Sumbing saja yang bagus di Temanggung melainkan ada beberapa wisata baru yang sekarang ini sudah mulai dikembangkan dan sudah menjadi populer baik untuk para wisatawan lokal mau pun manca. Udara yang cenderung dingin pada dataran tingginya, membuat Temanggung tidak aneh jika banyak potensi wisata yang besar di sana.

Sobat #DiaryMasIfan ditemanggung mulai banyak bermunculan gardu pandang - gardu pandang seperti halnya Posong, Sindumoyo, Alam Sewu dan juga yang tidak kalah menarik dan juga sangat menantang adalah River Tubbing yang ada di Kali Progo.

Air Terjun Surodipo

Tidak hanya itu sekarang ini mulai juga bermunculan beberapa air terjun yang sekarang sedang menjadi trend di Temanggung karena keindahannya, salah satunya adalah Air Terjun Surodipo yang mana tempat ini akan membuat para pengunjung atau wisatawan benar - benar terkesan usai mengunjunginya. Air terjun yang memiliki ketinggian 120 meter ini menjanjikan sebuah pemandangan yang sangat, sangat - sangatlah indah.

AIR TERJUN SURODIPO JADI PENGHUBUNG TEMANGGUNG & WONOSOBO

Air Terjun Surodipo ini juga dikenal dengan julukan Curuk Trocoh yang mana letaknya di dataran tinggia yang menghubungkan antara Temanggung dengan Wonosobo / Kejajar, letaknya ada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. Tempat ini memang bisa dibilang cukup terpencil akan tetapi sekarang sudah mudah untuk dicari lantaran sudah ada jalan bagus untuk menuju kesana dan juga sudah cukup dikenal.

Apabila saat mencari - cari Air Terjun Surodipo ini kita tersesat atau masih bingung bisa menanyakan jalan atau arah ke Desa Cemoro. Air Terjun ini letaknya di sisi kanan Jalan menuju Desa Cemoro.


BISA MENIKMATI DARI ATAS ATAU BAWAH ?

Air terjun yang satu ini cukup unik dan berbeda dari yang lainnya, untuk melihat keindahannya kita bisa melihatnya sesuka hati bisa dari atas atau pun dari bawah. Ketika sampai disana anda akan mendapatkan dua pilihan jalan untuk bisa menikmati pemandangan Indah Air Terjun Surodipo yaitu dari atas atau bawah. Air Terjun Surodipo begitu gagah dengan sumber air yang jatuh dari sela - sela bukit yang sangat tinggi dan juga hijau. Tempat wisata ini sendiri benar - benar masih belum dikelola dengan baik, terlihat dari adanya fasilitas - fasilitas yang masih belum memadai seperti parkiran yang memang masih seadanya dan masih belum ada juga toilet dan juga tempat - tempat sampah di sepanjang kawasan.

Tidak aneh jika saat berkunjung kesini ada beberapa sampah di sekitar yang cukup menggangu pemandangan, Dan untuk Sobat Diary Mas Ifan yang hendak berkunjung ke tempat Wisata tersembunyi di Temanggung ini ada baiknya untuk menjaga kebersihan ya agar wisata ini bisa menjadi wisata yang istimewa kedepannya. Lantaran ini merupakan tempat wisata yang merupakan aset wisata yang menarik bagi Temanggung dan juga Indonesia tentunya.


SEJARAH DARI TROCOH MENJADI SURODIPO

Seperti yang #DiaryMasIfan katakan di atas bahwa awalnya Air Terjun Surodipo ini bernama Curug Trocoh, yang mana jika dalam bahasa Jawa "Trocoh" Itu arti dalam bahasa Indonesianya adalah "BOCOR".

Kemudian sebagai bentuk dari rasa hormat masyarakat desa kepada Ki Surodipo dimana Ki Surodipo memiliki petilasan yang letaknya tidak jauh dengan pos retribusi yang masih bisa dikunjungi.

Ki Surodipo begitu di cintai dan juga dihormati oleh warga Desa lantaran ia merupakan kyai yang kerap melakukan syiar Agama. Uniknya kala hendak melakukan syiar, masyarakat sekitra tidak mengerti asal - usul Ki Surodipo. Yang mana seperti diketahui jika beliau itu memiliki asal - usul yang sangat luar biasa. Masyarakat tidak tahu jika Ki Surodipo merupakan tokoh yang pernah memiliki kekuasaan tinggi di Kesultanan Yogyakarta.

Ki Surodipo sendiri tidaklah nama asli beliau. Berdasarkan dalam catatan yang berhasil ditemukan pada petilasan Ki Surodipo. Beliau tercatat memang selalu mengganti - ganti namanya. Hal itu beliau lakukan lantaran menjabat sesuatu jabatan atau mendapatkan gelar kehormatan. Akan tetapi nama sesungguhnya dari Ki Surodipo sendiri sampai saat ini masih menjadi Misteri.

Raden Joyosentiko merupakan nama pertama kali Ki Surodipo dikenal. Nama itu dipakai kala ia Beliau masih menjadi abdi kepercayaan Pangeran Adipati Anom (Ayahanda Pangeran Diponegoro yang kelak menjadi HB III).

Nama yang paling dikenal dari Ki Surodipo yang disebutkan oleh Pangeran Diponegoro sendiri pada Babad yang ditulis kala berada di Pengasingan adalah Raden Adipati Danurejo IV (Patih danurejo IV). Nama itu juga sekaligus menjadi gelar kenegaraan di Kasultanan Yogyakarta. Beliau sendiri menjabat dalam waktu 30 tahun dari 1813 sampai 1847. Itu merupakan prestasi yang begitu luar biasa meski beliau tidaklah dari keluarga bangsawan.


TIPS BERWISATA KE AIR TERJUN SURODIPO

Pastikan Anda benar - benar dalam keadaan yang fit atau prima sebelum memutuskan untuk berwisata ke Air Terjun Surodipo karena disana nantinya akan ada tanjakan yang panjang, jangan lupa juga untuk selalu membawa bekal seperti makanan dan minuman. Untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan saat di Air Terjun Surodipo maka anda harus selalu :
  • Cek kondisi kendaraan yang paling penting adalah mesin, ban dan juga bahan bakar.  
  • Berhati-hati lah kala sedang berjalan pilih pijakan yang benar - benar kuat dan selalu dekat dengan teman. 
  • Menurut Diary Mas Ifan jangan sekali – kali liburan kesini sendirian, karena bisa berbahaya.
HARGA TIKET AIR TERJUN SURODIPO !

Harga tiket masuk pintu gerbang untuk bisa naik dan menikmati pemandangan Air Terjun Surodipo ini bisa dibilang sangatlah murah meriah, Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 4.000 untuk parkir. Akan tetapi harga tersebut bisa saja berubah sewaktu - waktu tergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh pengelola wisata.


RUTE

Jika Anda datang dari Kendal / Semarang silahkan Ambil jalan Alternatif menuju Muntung, Temanggung kemudian pilih jalan alternatif untuk menuju Tambi, Wonosobo jika sudah sampai disitu belok ke arah kecamatan Wonoboyo, Temanggung Desa Tawangsari, Petilasan Surodipo dan sampai lah kalian ke Air Terjun Surodipo.

Jika kalian masih bingung sobat, bisa cek aja Google Map di bawah ini dan tentukan jalan mana yang akan kalian lewati.


Nah, Tunggu apalagi sobat #DiaryMasIfan jika punya waktu untuk liburan silahkan untuk berkunjung ke Air Terjun Surodipo... Dibantu sharenya juga ya sobat postingan ini sebanyak - banyaknya. Terima Kasih
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus