Bagaimana Memulai Bisnis Online ? - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

Bagaimana Memulai Bisnis Online ?

Bisnis Online saat ini menjadi prioritas pilihan untuk memperoleh penghasilan bagi kita yang membutuhkan penghasilan tambahan. Di Indonesia...
Bisnis Online saat ini menjadi prioritas pilihan untuk memperoleh penghasilan bagi kita yang membutuhkan penghasilan tambahan. Di Indonesia sudah banyak sekali para pembisnis online fulltime, disini mereka benar - benar serius membangun strategi - strategi bisnis online tanpa menjadikan bisnis online sebagai "tambahan" namun menjadi sumber penghasilan utama mereka. Secara umum bisnis online terbagi menjadi tiga yaitu sebagai Publisher, Advertiser dan broker namun ketiganya tidak terpisahkan.

Advertiser adalah para pembisnis online yang memiliki produk sendiri untuk dipasarkan, advertiser dalam hal ini adalah si pemasang iklan yang mengharapkan mendapatkan keuntungan setelah memasang iklan di situs - situs tertentu. Keuntungan yang diperoleh para advertiser pada awalnya adalah berupa traffic atau pengunjung situs mereka yang kemudian berimbas pada hasil penjualan pelayanan mereka.

Publisher adalah para pembisnis online yang tidak memiliki produk sendiri, publisher akan memasarkan produk pada advertiser yang memiliki affiliate program dengan mempublikasikan iklan - iklan milik para advertiser. Jika ada seseorang membeli produk melalui link affiliate anda maka anda akan mendapatkan komisi dari penjualan. Para publisher biasanya memiliki website - website atau blog - blog tempat menempelkan link affiliate.

Broker adalah perantara atau makelar. Contoh paling mudah untuk broker adalah google. Google menjadi jembatan antara publisher dan advertiser melalui program Google Adsense dan Google AdWords. Si Advertiser memasang iklan melalui program AdWords dan si Publisher mempublikasikan iklan melalui program Google Adsense, Google mengambil keuntungan diantara keduanya.

Ilustrasi Cara Awal Memulai Bisnis Online ( Foto @diary mas ifan )

Jika berbicara biaya dan waktu, yang paling cepat untuk memulai bisnis online adalah menjadi Publisher. Kita tidak perlu membuat produk sendiri seperti Arvertiser atau membuat sistem perantara seperti broker. Kita tinggal membuat halaman web dan memasang iklan di halaman web kita. Atau jika anda tidak ingin direpotkan dengan pembuatan halaman web anda bisa menggunakan situs - situs social networking seperti Facebook atau Twitter untuk memasang link affiliate.


PERSIAPKAN NAMA DOMAIN

Persiapkan nama domain, nama domain disarankan sesuai dengan kata kunci ide bisnis Anda. Contohnya jualsepatu.com, jualjamtangan.com atau cariduitonline.com dan lain - lain. Bagaimana cara mendapatkan nama - nama domain tersebut ? Nama - nama domain tersebut Anda harus membeli atau lebih tepatnya menyewa selama kurun waktu tertentu, minimal setahun Anda bisa menggunakan nama domain di internet jika Anda sudah membelinya. Di Indonesia anda bisa membeli di masterweb, rumahweb atau beberapa perusahaan penyedia layanan domain yang Anda percaya. Jika Anda memiliki account paypal atau kartu kredit Anda bisa membeli domain di registrant luar negeri seperti name.com atau godaddy.com.

Melalui website registrant tersebut anda bisa mengetahui apakah sebuah nama domain masih available atau sudah digunakan oleh seseorang. Nama domain yang bagus biasanya sudah ada yang membeli, biasanya juga diperjualbelikan dengan harga khusus yang lebih mahal oleh registrant atau oleh seseorang yang lebih dahulu membeli nama domain tersebut.

MEMILIH TEMPAT HOSTING

Tempat Hosting boleh dibilang adalah tempat dimana anda menyimpan file - file halaman website Anda di Internet. Perlu diingat bahwa hosting dan domain adalah dua hal yang sama sekali berbeda dan masing - masing bisa dibeli di tempat yang berbeda walaupun banyak yang menawarkan keduanya dalam satu paket pembelian. Apalagi jika anda benar - benar memulai dari nol dan memulai di masterweb misalnya, Anda akan mendapat paket nama domain dan sekaligus tempat hosting.

Jika Anda mempunyai kartu kredit atau akun paypal Anda bisa menyewa tempat hosting di luar negeri dengan harga yang lebih kompetitif. Tempat hosting di luar negeri (US) yang populer dan banyak digunakan oleh para pembisnis online Indonesia adalah hostgator.com Di hostgator anda bisa memilih paket mulai dari harga $3.96 / Bulan untuk single domain. Jika anda memiliki banyak nama domain anda bisa memilih paket hosting mulai dari harga $6.36 / Bulan, unlimited diskspace dan unlimited bandwidth, relatif sangat murah bukan ? Dengan $6.36 / Bulan Anda bisa membuat puluhan atau bahkan ratusan website di satu tempat hosting. Sekedar saran, pilihlah paket hosting yang menggunakan cpanel.

BAGAIMANA JIKA MEMULAI BISNIS ONLINE TANPA DOMAIN DAN HOSTING ?

Bisnis Online tidak harus membutuhkan domain dan hosting sendiri. Anda bisa membuat halaman web dengan cepat dengan memanfaatkan layanan gratis blogger.com atau wordpress.com Anda juga bisa memanfaatkan Facebook dan Twitter untuk berbisnis online. Seperti kita semua ketahui, kedua situs jejaring sosial tersebut memiliki jutaan pengguna yang berpotensi menjadi target pasar anda. Namun jika anda menginginkan keunikan bisnis online Anda di dunia maya, memiliki domain dan hosting sendiri adalah pilihan tepat.

APA YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH KITA PUNYA DOMAIN DAN HOSTING ?

Jika kita membeli domain dan hosting dalam satu paket, biasanya tidak ada lagi yang harus di setting terkait dengan nama domain dan hosting punya kita. Namun jika kita beli domain dan hosting di tempat yang terpisah maka kita harus seting Name Server (NS) domain kita ke NS yang diberikan oleh sistem administrasi tempat hosting kita. Tujuan dari seting NS domain adalah untuk mengarahkan request nama domain untuk diresolve ke tempat hosting sesuai dengan seting NS-nya.

MEMBUAT HALAMAN WEBSITE

Disini anda berhadapan dengan dua pilihan, apakah anda akan membuat halaman web dengan cara manual atau instan. Kembali ke tujuan awal, jika anda mau belajar bahasa pemrograman pembuatan web maka sebaiknya anda memulai dengan cara manual yang anda bisa lihat cara dari nol di w3schools. Namun jika Anda berorientasi pada sisi bisnis maka sebaiknya anda memulai membuat halaman website dengan cepat menggunakan fasilitas yang disediakan cpanel paket hosting dan segera menuangkan ide - ide bisnis Anda.


TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE

Perkembangan informasi dunia maya yang semakin luas, memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk terjung langsung menekuni bisnis online. Caranya yang terbilang mudah dan modalnya yang cukup murah, menjadikan bisnis tersebut sering digunakan masyarakat untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Menjalankan bisnis online, memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Tak heran bila kini beragam bisnis online pun mulai bermunculan, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet setiap harinya. Misalnya saja seperti bisnis menjual barang secara online, bisnis jasa online, serta berbagai program internet marketing yang bisa memberikan penghasilan cukup besar bagi pelaku usahanya.

Tentu Anda juga tertarik menikmati keuntungan besar dari bisnis online bukan ? Nah, bagi Anda yang ingin mencoba terjun di bisnis online, berikut diary mas ifan informasikan tips memulai bisnis online yang bisa Anda coba.

Sebelum memulai bisnis online sebaiknya tentukan topik dan ide bisnis yang akan Anda jalankan. Usahakan untuk memilih peluang bisnis online yang banyak dicari konsumen, untuk memudahkan Anda memasarkan produk. Beberapa ide bisnis yang bisa Anda jalankan antara lain, berjualan ebook, menjual CD Tutorial, menjadi reseller produk, mengikuti program affiliate, menjadi publisher iklan, jasa terjemahan online, membuka toko online, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Layaknya bisnis offline, menjalankan bisnis online juga membutuhkan kantor dan toko untuk memasarkan produk bisnisnya. Karena itu buatlah blog atau website yang bisa Anda jadikan sebagai kantor sekaligus bisnis Anda. Pastikan website atau blog Anda dibuat dengan sebagus mungkin, agar konsumen juga betah berlama - lama berada di tempat usaha Anda.

Selanjutnya, buatlah produk yang akan ditawarkan. Anda tidak perlu bingung dalam menawarkan produk secara online. Sebab, sekarang ini berbagai macam produk sudah bisa dipasarkan melalui internet. Dari mulai produk informasi, produk makanan, produk fashion, produk kerajinan, sampai produk kebutuhan sehari - hari, sudah bisa dibeli masyarakat melalui dunia maya. Yang terpenting, ciptakan produk yang banyak dibutuhkan konsumen.

Tawarkan sistem pembelian yang mudah bagi para konsumen. Karena pada bisnis online pembelian tidak bisa dilakukan secara langsung, maka Anda harus mengirimkan produk yang dibeli konsumen. Oleh sebab itu, tentukan sistem pembelian yang tidak menyulitkan konsumen. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer ke rekening bank Anda atau menggunakan Paypal. Sedangkan untuk proses pengiriman barang bisa dilakukan setelah uang Anda terima. Kemudian Anda bisa mengirimkan pesanan kepada konsumen, dengan jasa layanan yang terpercaya.

Nah, Itulah secuil atau langkah awal yang bisa dilakukan dalam membuat sebuah bisnis online, semoga jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, Anda tidak lupa untuk melakukan share postingan ini ke teman - teman yang lain supaya lebih bermanfaat.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus