Huta Siallagan Wisata Budaya Menarik Di Pulau Samosir - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

Huta Siallagan Wisata Budaya Menarik Di Pulau Samosir

Kampung Siallagan ini ada di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir. Perkampungan yang nyaris mirip dengan benteng ini berlokasi ...
Kampung Siallagan ini ada di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir. Perkampungan yang nyaris mirip dengan benteng ini berlokasi dekat dengan Danau Toba dan cukup banyak sekali menjadi salah satu tempat yang sangat diminati oleh para wisatawan baik itu dari Nusantara ataupun dari Mancanegara.

Perkampungan ini sendiri pertama kali di bangun di masa raja Huta Pertama yaitu Raja Laga Siallagan.

Kala Anda memasuki Huta Siallagan maka nampak beberapa hal yang tidak terlalu berbeda dengan umumnya kampung lain yang ada di Tanah Batak, yaitu terdiri atas deretan ruma bolon dan sopo.

Huta Siallagan, Pulau Samosir ( Foto @Diary Mas Ifan )

Yang sangat istimewa di sini itu adalah adanya deretan batu - batu yang berbentuk kursi dan tersusun melingkari meja batu. Dinamakan Batu Persidangan lantaran memang mempunyai fungsi untuk mengadili para penjahat atau para pelanggar hukum adat (kasus pembunuhan, pemerkosaan, pencurian dan yang lainnya) atau juga untuk musuh politik dari sang raja.

Raja Siallagan akan mengenakan kalender Batak untuk mencari hari baik untuk menggelar sidang bersama para tetua adat. Para tetua adat. Para tetua adat akan memberikan usul jenis hukuman seperti apa yang akan diberikan sesuai derajat kesalahannya


Yang Menarik Di Huta Siallagan, Pulau Samosir

Saat mengunjungi Huta Siallagan, Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Sumatera Utara ini Anda bisa berkeliling dan juga melihat keunikan dan juga keindahan Kampung Siallagan, di tengah perkampungan juga ada meja dan kursi batu yang melingkarinya.

Situs tersebut disebut Batu Persidangan dan usianya sudah lebih dari 200 tahun. Ada 8 unit rumah adat Batak yang usianya dipekirakan sudah ratusan tahun ada. Di lokasi ini juga terdapat sebuah rumah adat yang dijadikan museum.

Di dalam juga terdapat beragam kain tradisional Batak, alat tenun untuk membuat ulos, perkakas untuk memasak dan juga beraneka ragam peralatan rumah tangga.

Untuk mencari pilihan akomodasi yang lebih beragam maka diary mas ifan anjurkan agar anda segera menuju di kawasan Tuktuk.


Kuliner Di Huta Siallagan

Di Pulau Samosir terdapat cukup banyak restoran dengan macam - macam cita rasa mulai dari model makanan khas Eropa, Nusantara sampai dengan hidangan lokal Batak.


Rute Menuju Huta Siallagan

Simanindo merupakan pintu masuk kedua dengan feri dari Tigaras di Kabupaten Simalungu. Huta Siallagan ada di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Kabupaten Samosir.

Simanindo sendiri terletak di tepi Danau Toba, dimana letaknya ke Tigaras bisa dibilang cukup dekat dan dapat dicapai dengan waktu kurang lebih hanya 30 menit dengan mengenakan kapal feri dari Tigaras langsung ke Pelabuhan Simanindo.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus