Indahnya Air Terjun Cunca Rami Di Manggarai - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

Indahnya Air Terjun Cunca Rami Di Manggarai

Air terjun yang ada di dalam kawasan Hutan Mbeliling, air terjun ini merupakan atraksi ekowisata utama untuk hutan yang berfungsi sebagai su...
Air terjun yang ada di dalam kawasan Hutan Mbeliling, air terjun ini merupakan atraksi ekowisata utama untuk hutan yang berfungsi sebagai sumber air untuk daerah sekitar termasuk Labuan Bajo.

Berjarak sekitar 30 km dari Kota Labuan Bajo ibukota Manggarai Barat yang juga merupakan pintu masuk untuk menikmati keindahan alam. Lama perjalanan berkendara untuk memasuki Desa Cunca Lolos adalah kurang lebih 1 jam. Dari desa ini, kemudian perjalanan akan  dilanjutkan dengan perjalanan kaki (trekking) kurang lebih membutuhkan waktu 1 jam.

Air Terjun Cunca Rami ini sendiri makin populer di kalangan para wisatawan lantaran debit airnya yang cukup besar. Selain itu, Air terjun cunca rami ini bertingkat tiga yang mempunyai ketinggian sampai 100 meter memiliki keindahan kolam alami yang begitu besar sehingga bisa menampung aliran air yang jatuh. Tentu saja ini merupakan tempat yang cocok untuk berenang.

Air Terjun Cunca Rami, Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Sebagai kawasan yang masih belum begitu banyak dikunjungi oleh wisatawan dan juga masih belum mendapatkan sentuhan modern, air terjun cunca ini masih sangat bersih dan juga jernih. Latar alam pegunungan dan juga hutan tropis hijau alami dan juga udara pegunungan yang sangat sejuk merupakan penambah kecantikan air terjun Cunca Rami di Manggarai, Nusa Tenggara Timur ini.


YANG MENARIK DI AIR TERJUN CUNCA RAMAI !

Trekking di hutan ini merupakan kegiatan pertama kali yang akan Anda lakukan kala akan menuju Air Terjun Cunca Rami, begitu pun kala kembali. Hal menarik dari kegiatan trekking di Hutan Mbeliling untuk menuju ke lokasi Air Terjun adalah bahwa jalur yang digunakan atau dilewati akan bervariasi. Uniknya, kala menuju air terjun yang ada pada ketinggian 1.200 meter DPL ini, jalur yang dilalui adalah ture menurun dan bukannya mendaki seperti kala mengunjungi kebanyakan air terjun lainnya.  Trekking untuk sampai ke Air Terjun Cunca sendiri bisa memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Rute menanjak sendiri akan dilalui Anda kala pulang kembali ke Desa Cunca Lolos usai puas menikmati keindahan Air terjun dan berenang di kolam air terjun. Perjalanan kembali biasanya bisa memakan waktu 1 Jam 50 menit.

Perjalanan Menuju Ke Air Terjun Cunca Rami Yang Begitu Indah

Variasi jalur untuk bisa mencapai lokasi adalah melintawasi kawasan hutan pohon kemiri dan pohon komodirit pertanian lainnya di sepanjang jalur, seperti nanas, vanila, cokelat dan yang lainnya.

Sebagian besar penduduk Flores memang banyak yang berprofesi sebagai petani yang kerap melintasi jalur trekking menuju air terjun di Hutan Beliling. Maka dari itu jalan setapak yang biasa digunakan oleh para petani ini bisa diakses oleh para wisatawan, meski tidak juga dikatakan jika jalur ini mudah terlebih lagi kala perjalanan pulang (jalurnya menanjak).

Setelah itu, Anda juga akan melintasi pematang sawah yang terhampar sambil melihat kerbau - kerbau pembajak dan juga kambing yang dibiarkan begitu saja berkeliaran. Menyeberangi sungai kecil yang begitu jernih airnya pun akan menjadi rute yang Anda lalui sebelum menceburkan diri pada dinginnya kolam alami di kaki air terjun Cunca Rami.

Kala mendatangi kawasan ekowisata Air Terjun yang tinggi dengan air bersih yang sangat berlimpah, tidak ada kegiatan yang lebih menyenangkan yang bisa kalian lakukan selain berenang. Kolam alami yang berbentuk di kaki air terjun ini merupakan kolam renang yang begitu menyenangkan. Airnya bersih, jernih dan bebas dari kaporit tentunya, serta dingin air yang begitu menyegarkan tentu saja akan menggoda siapa saja yang ingin berenang dan menyelam.

Berdirilah tepat di bawah aliran air terjun untuk menikmati sensasi pijat kala debit air yang deras menyentuh kepala Anda. Pastikan jika Anda sudah membekali diri Anda dengan pakaian ganti dan handuk kala mendatangi air terjun cunca rami yang terletak di tengah hutan tropis ini.

Hutan Mbeliling merupakan hutan tropis yang mempunyai kekayaan flora dan fauna, beberapa diantaranya khas Flores (endemik), serindit flores, Kehicap flores dan sagak flores adalah beberapa jenis burung endemik flores yang menjadikan hutan di flores ini sebagai tempat alaminya.

Apabila kalian beruntung, Anda bisa secara langsung melihat hewan - hewan endemik tersebut. Mendaki Gunung Mbeliling yang mempunyai ketinggian 1.239 meter DPL punsa juga menjadi kegiatan menarik yang para wisatawan lakukan. Tentu Anda akan bisa mendapatkan banyak sekali objek fotografi yang sangat menarik dan tentunya berbeda dari puncak yang tinggi di Flores bagian barat.

Luasnya Kolam Alami Air Terjun Cunca Rami, Air Bening Sejuk Dan Menggoda

TIDAK TERLALU BANYAK FASILITAS

Saat berkunjung ke Air Terjun Cunca Rami di Manggarai, Nusa Tenggara Timur ini jangan kaget jika belum begitu banyak akomodasi yang memadai di desa terdekat dengan Air Terjun Cunca Rami. Untuk para wisatawan yang ingin bermalam / menginap dan melakukan trekking ke Cunca Rami dan kawasan yang lain di sekitarnya, Meski tidak ada Hotel mewah akan tetapi sudah ada home stay sederhana yang bisa dijadikan di Desa Cunca Lolos. Di desa ini, Anda bisa mendapatkan informasi wisata dari Kampung Roe, Desa Cunca Lolos yang sudah didampingi oleh LSM Swiss Contact. Pemandu wisata lokal dan juga peralatan kemping yang bisa kalian dapatkan disini.

Jika Anda tertarik untuk mendatangi Danau Sano Nggoang sebagai destinasi Anda selanjutnya maka disana Anda juga bisa menemukan penginapan sederhana di Desa Nunang. Desa Nunang merupakan pintu masuk menuju danau vulkani terbesar di Nusa Tenggara Timur seluas 513 ha.

Apabila Anda tidak memiliki niat untuk bermalam di dua desa tersebut, penginapan di Labuan Bajo yang berjarak tempuh kurang lebih 1 jam dari Desa Cunca Lolos bisa juga dijadikan pilihan. Di Labuan Bejo ada juga banyak hotel untuk para backpacker, juga ada hotel mewah. Hotel Bintang Flores yang letaknya di Pantai Pede yang merupakan hotel terbaik dan paling mewah di sana.

Luasnya Kolam Alami Air Terjun Cunca Rami, Air Bening Sejuk Dan Menggoda

RUTE

Dengan jarak sekitar 30 km dari Labuan Bajo, perjalanan berkendara ke Desa Cunca lolos sebagai pintu masuk menuju Hutan Mbeliling bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam. Anda bisa juga menyewa mobil di Bandara Labuan Bajo untuk mengunjungi setiap tempat yang ada di Flores. Tingkat harga pun tergantung pada negosiasi yang Anda lakukan dengan penyedia jasa rental, biasanya tarif sewa mobil dihitung harian. Hotel bisa membantu Anda untuk mendapatkan mobil rental.

Jalan untuk mencapai Desa Cunca Lolos relatif cukup baik dan juga sudah beraspal, hanya saja Anda harus bersiap - siap kala melintasi jalur yang penuh dengan kelokan. Pemandangan di sepanjang jalan memperlihatkan keindahan yang luar bisa dan menjanjikan untuk memanjakan mata Anda, yang mana keindahan itu didominasi oleh pohon kemiri dan juga pohon - pohon besar lainnya.

Danau Sano Nggoang Yang Bisa Juga Jadi Destinasi Selanjutnya Kala Anda Mengunjungi Air Terjun Cunca Rami

TIPS KALA MENYAMBANGI AIR TERJUN CUNCA RAMI ! 

Jangan lupa bawa pakaian ganti 2 pcs karena di sana Anda akan berbasah - basah ria, jangan lupa bawa juga hantuk, obat - obatan, makanan dan minuman ringan, sunblock dan membawa buku diary untuk menuliskan jadwal kunjungan ke Cunca Rami.

Kala sedang treeking, aturlah napas Anda terus jaga  kecepatan dan lebar langkah kaki. Hal ini supaya Anda tidak mudah lelah akan tetapi ada kemungkinan bisa memperlambat sedikit perjalanan.

Usahakan untuk tidak terlalu banyak minum selama melakukan trekking lantaran kelebihan cairan bisa membuat badan justru menjadi semakin lemas. Kenakan pakaian dan juga sepatu yang nyaman untuk digunakan trekking di hutan.

Apabila Anda memiliki niat untuk menikmati keindahan Danau Sano Nggoang dan juga menaiki Gunung Mbeliling maka cobalah untuk menginap 2 hari semalam di desa terdekat dan saya rasa itu adalah pilihan yang cukup bijak.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus