Air Terjun Telun Berasap, Kerinci, Jambi - Welcome To Mas Ifan Blog

Air Terjun Telun Berasap, Kerinci, Jambi

Selesai menjejakkan kaki pada Gunung Kerinci atau usai menikmati cita rasa Teh Kayu Aro ditemani dengan panorama perkebunan maka berikutnya ...
Selesai menjejakkan kaki pada Gunung Kerinci atau usai menikmati cita rasa Teh Kayu Aro ditemani dengan panorama perkebunan maka berikutnya Anda bisa mendatangi keindahan lain yang ada di Kabupaten Kerinci, dimana yaitu "Air Terjun Telun Berasap". Air terjun ini berlokasi di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Menurut dari para penduduk setempat, nama Telun Berasap sendiri asalnya dari sebuah proses jatuhnya aliran air dengan debit tinggi tersebut (50 meter) sehingga menciptakan kabut air di sekelilingnya.

Air Terjun Telun Berasap, Kerinci, Jambi

Proses inilah yang menjadi begitu istimewa Air Terjun Telun Berasap. Dikala Sinar Matahari menyinari butiran uap air yang melayang di udara seolah berbentuk kabut dan menciptakan kemilau cahaya warnai - warni bagaikan sebuah pelangi yang indah.



Keindahan Di Air Terjun Telun Berasap

Disini sobat diary mas ifan bisa menikmati keindahan alam yang sangat indah dengan udara yang begitu segar. Di sekitar air terjun ini juga ada sebuah pondok yang memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan Air Terjun itu dari ketinggian.

Jika cukup bernyali, Anda bisa coba naik ke atas Air Terjun untuk bisa mendapatkan pemandangan berbeda. Perlu diketahui, Air Terjun Telun Berasap tidaklah air terjun yang memungkinkan Anda untuk melakukan loncatan dari atas ke bawah air terjun, lantaran dasar air terjun itu tidak dalam selain itu juga terdapat batu di tepi alirannya.

Kuliner Di Air Terjun Telun Berasap

Kala Anda sedang berada di Kota Sungai Penuh, cobalah untuk menyempatkan diri untuk mencicipi makanan khas Sungai Penuh yang mana seperti Beras Payo, Lemang, Gulai Ikan Semah, Dendeng Beteko, Jeruk Pelompek, Kacang Tojin atau minum kopi dan juga teh kayu aro yang memang sangat terkenal itu di Kabupaten Kerinci, Jambi.


Fasilitas Yang Bisa Ditemui

Di sini tidak terdapat hotel ataupun juga sebuah penginapan di Desa Telun Berasap, sehingga untuk bisa mendapatkan fasilitas penginapan bisa didapat di Kota Sungai Penuh, Ibu Kota Kabupaten Kerinci.

Jangan berharap untuk bisa menemukan hotel berbintang di Sungai Penuh yang ada hanyalah hotel melati dan juga guess house saja.

Akan tetapi meski begitu kenyamanan dan pelayanan tetap merupakan yang terbaik. Jika Anda memilih untuk bermalam di guess house, ada juga Paiman Guess House, Subandi Guees House dan B Darmian Guess House.


Rute Menuju Air Terjun Telun Berasap

Perjalanan dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh memakan waktu sekitar 10 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 500 km.

Perjalanan bisa dilakukan dengan menggunakan angkutan umum (mini bus), mobil sewaan atau juga bisa menggunakan mobil pribadi. Alternatif lain, Anda bisa berangkat dari Kota Padang dengan perjalanan menuju Tapan Kemudian dilanjutkan menuju Sungai Penuh.

Total jarak dari Kota Padang hingga ke Sungai Penuh kurang lebih 287 km dengan lamanya perjalanan kurang lebih 7 jam.

Jarak dari Sungai Penuh ke Desa Telun Berasap sendiri kurang lebih hanya 60 km. Perjalanan untuk menuju ke Desa Telun Berasap bisa menggunakan kendaraan roda empat. Setibanya di lokasi, pintu masuk kawasan wisata Air Terjun Telun Berasap bisa ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 300 meter.

Berikutnya untuk menuju ke lokasi Air Terjun Telun Berasap Anda perlu menaiki anak tangga sejauh 300 meter. Kondisi anak tangga licin ini sangat memerlukan fokus dan juga ekstra hati - hati. Sepanjang perjalanan Anda akan melihat pemandangan pepohonan besar yang mana menurut dari masyarakat setempat sudah berusia ratusan tahun.

Sobat diary mas ifan juga bisa menikmati hamparan pemandangan Taman Nasional Kerinci Semblat dari kejauhan.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus