Buat SIM & Perpanjangan Kini Jauh Lebih Mudah Dan Murah - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

Buat SIM & Perpanjangan Kini Jauh Lebih Mudah Dan Murah

Pada tahun 2010 yang lalu saat pertama kalinya saya membuat SIM, rasanya begitu mudah lantaran saya dibantu oleh seseorang yang tidak saya k...
Pada tahun 2010 yang lalu saat pertama kalinya saya membuat SIM, rasanya begitu mudah lantaran saya dibantu oleh seseorang yang tidak saya kenal yang memaksa saya ketika saya baru pertama kali datang untuk membuat SIM.

Saya terus didesak untuk dibantu agar membuat SIM hanya tinggal menunggu saja dan 20 menit dijanjikannya SIM segera selesai dan hanya tinggal foto dan cap sidik jari saja.

Saya pun ikut saja karena terus saja di desak dan di iming - imingi proses yang cepat dan hanya tinggal duduk manis.

Dan ternyata benar hanya dalam waktu 20 menit kurang lebih SIM, saya dipanggil untuk Foto dan cap sidik jari sesudah itu saya baru disuruh menunggu lagi selama 10 menit dan akhirnya SIM pun sudah selesai dan siap untuk digunakan.

Saat Sedang Mengantri Di Lokel Pengambilan Formulir Perpanjangan SIM ( Foto @Diary Mas Ifan )

Akan tetapi untuk proses yang Instan itu saya diharuskan oleh Seorang yang menawari saya itu atau yang mungkin biasa disebu CALO itu membayar biaya sebesar Rp. 375.000,-. Karena merasa dibantu saya pun memberinya Uang Rp. 400.000,- dan saya tidak minta kembalian.

SIM pun sukses di buat dan aktif sampai dengan September 2016, akan tetapi saya lupa untuk memperpanjang pada jatuh tempo dan SIM pun akhirnya telat untuk diperpanjang. karena telat oleh pak Polisi yang bertugas saat saya ingin memperpanjang di suruh untuk mengikuti proses seperti pembuatan SIM baru akan tetapi dengan biaya Perpanjangan yaitu sebesar Rp. 75.000,-.

Di luar dugaan semua proses Instan di tahun 2016 ini sudah tidak ada, semuanya harus sesuai jalur. CALO pun sepertinya sudah tidak ada lagi, nuansa pertama kali ketika masuk ke Kantor Polisi untuk membuat SIM itu terasa begitu menyenangkan.

Tidak ada CALO yang mendesak saya agar menerima bantuannya dalam membuat SIM dan saya pun dibimbing dengan Bapak Polisi mengenai proses - proses pembuatan SIM / Perpanjangan karena keterlambatan dimulai dari Cek Kesehatan, Registrasi, Ujian sampai dengan SIM Jadi.

Untuk Biaya pembuatan sendiri benar - benar Hanya Rp. 100.000,- saja dan untuk perpanjangan Hanya Rp. 75.000,- dan ini tentu saja sudah sesuai UU PP 50/2010.

Begitu senang rasanya layanan yang lebih mudah tidak ada pungli semua sesuai dengan yang sudah dalam aturannya. Total Biaya saya dalam membuat SIM C sebesar Rp. 40.000,- untuk Kir Kesehatan dan Rp. 75.000,- Biaya Perpanjangan Keterlambatan Jadi Total Rp. 115.000,-.

Akan tetapi denger - denger mulai tanggal 06 Januari 2017 Harga pembuatan dan perpanjangan SIM akan mengalami kenaikan, dan tentu harga yang saya tulis di atas merupakan harga lawas karena saya melakukan perpanjang sebelum tanggal 06 Januari 2017.

Saat Ujian Praktek Pembuatan SIM 2017 ( Foto @Diary Mas Ifan )

Dengan adanya kenaikan pembuatan SIM dan perpanjang SIM saya rasa sudah sepantasnya jika Polisi terus meningkatkan kualitas pelayanannya, saat ini sudah baik dan tentu dengan adanya kenaikan harus lebih baik lagi dan ditata dalam segi antrian dari Loket ke loket ditambah pekerja disetiap lokel yang dirasa mulai mengekor atau membuat jalannya pembuatan atau perpanjangan melambat.

Berdasarkan dari pengalaman saya yang paling lelet itu pada Loket Registrasi Awal ketika habis mengisi Form berwarna biru dari loket pertama. saya liat di sana hanya ada 2 pekerja yang bertugas seharusnya menurut saya harus ada 4 atau lebih supaya bisa lebih cepat lagi.

Saran buat sobat diary mas ifan untuk yang sedang berencana untuk memperpanjang SIM atau membuat SIM, terus saja mengikuti prosedur dan jangan mencoba untuk menyuap atau memberikan imbalan supaya dibantu oleh seorang petugas karena justru itu yang akan menghambat, pengalaman saya mulai dari nol mengisi form dan hingga praktek hanya memakan waktu kurang lebih 45 Menit SIM kelar.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus