Berkenalan Dengan Pasar Pahingan, Mengaji Sambil Berbelanja ! - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

Berkenalan Dengan Pasar Pahingan, Mengaji Sambil Berbelanja !

Pasar yang satu ini bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan pasar - pasar tradisional yang ada pada umumnya. akan tetapi ada hal yang membed...
Pasar yang satu ini bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan pasar - pasar tradisional yang ada pada umumnya. akan tetapi ada hal yang membedakan dimana selain menyajikan kebutuhan rumah tangga dan juga sajian makanan Khas Magelang, Pasar Pahingan juga selalu berbarengan dengan Pengajian di Masjid Agung Kauman di bagian Barat alun-alun kota Magelang.

Tidak hanya dari kalangan orang Magelang, atau pun desa atau kota. semua datang dan berkumpul menjadi satu dalam sebuah nuansa pengajian yang sangat asri. Senyum para pedagang dan juga para warga dan juga wisatawan yang hendak ingin berkunjung ke pasar pahingan dan pengajian menjadi sebuah panorama atau gambaran yang sangat tidak bisa dilukiskan dengan tinta emas sekalipun.

Pasar Pahingan ( Foto @U-Report )

KAPAN DIADAKANNYA PASAR PAHINGAN !

Dua acara ini, pasar pahingan dan juga pengajian hanya diadakan setiap 35 hari sekali pada hari Minggu Pahing, sesuai penanggalan pasaran Jawa (selapan).

Pengajian di Masjid Agung Kauman sudah diadakan sejak tahun 1958. Sementara untuk pasar Paingan sendiri baru diadakan sekitar tahun 1967.

SIAPA PENGGAGAS / PENCIPTA PASAR PAHINGAN !

Tiga orang ulama,

K.H. Chudlori dari Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam,

K.H. Ahmad Haq dari Pondok Pesantren Watucongol

K.H. Alwi dari Pondok Pesantren Salam Kanci yang pertama kali mengadakan pengajian di Masjid Agung Kauman ini.

Sementara itu 45 orang pengikut setia para ulama ini berinisiatif untuk berjualan jagung rebus, kacang rebus, singkong rebus, minuman ringan dan sebagainya. Pada saat itu hanya penganan dan minuman tradisional yang disediakan para santri itu.

Lihat Kelanjutannya Pada Video Di Bawah Ini Ya Sahabat Diary Mas Ifan :



Di bantu dishare ya gaes.... biar pasar pahingan makin popular lagi...  semakin erat kekeluargaan antara orang yang tergabung dalam komunitasnya.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus