Tips-Tips Yang Bisa Dilakukan Saat Berkunjung Ke Candi Mendut - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

Tips-Tips Yang Bisa Dilakukan Saat Berkunjung Ke Candi Mendut

Candi Mendut merupakan sebuah candi yang bercorak Buddha. Candi yang letaknya ada di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, J...
Candi Mendut merupakan sebuah candi yang bercorak Buddha. Candi yang letaknya ada di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengan ini letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur, hanya sekitar 3 kilometer saja dari Candi Borobudur. Jadi sangat disayangkan jika kalian sedang berlibur di Candi Borobudur akan tetapi tidak sekalian singgah di Candi Mendut.

Sebelum saya membahas mengenai tips - tips apa saja yang bisa dilakukan agar saat berlibur di Candi Mendut itu semakin mengasikkan, yuk kita cek dulu mengenai masa pembuatan Candi Mendut. Candi Mendut ini didirikan di masa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalam prasasti Karangtengah yang bertarikh 824 Masehi. 

Disebutkan juga jika Raja Indra sudah membangun bangunan suci bernama wenuwana yang mana berarti Hutan Bambu. oleh seorang ahli arkeologi Belanda yang bernama J.G. de Casparis, kata itu lalu dihubungkan dengan Candi Mendut.

Sama Istri Nikmati Sore Hari Di Candi Mendut...Behhhhhhhh Bener-Bener Bisa Merefresh Pikiran Yang Jenuh Karena Rutinitas Pekerjaan, Yakin Deh... Nggak Percaya!!! Dateng Aja Sendiri Kesana!!!

Jadi jika kalian sedang berlibur ke Candi Mendut setidaknya sudah mendapatkan bocoran dari sini jika Candi Mendut itu didirikan pada masa pemerintahan Raja Indra dari Dinasti Syailendra.

ARSITEKTUR CANDI

Bangunan Megah Candi Mendut Tampak Dari Luar

Candi Mendut sendiri sebenarnya merupakan bangunan candi yang sebenarnya adalah batu bata yang ditutupi dengan batu alam. Bangunan itu terletak pada sebuah basement yang sangat tinggi, sampai tampak benar-benar terlihat kokoh dan anggun. Tangga naik dan juga pintu masuk menghadap ke barat-daya. Di atas basement itu ada lorong yang mengelilingi tubuh candi. Atapnya bertingkat tiga dengan dihiasi stupa-stupa kecil. Yang mana Stupa-stupa kecil itu yang terpasang sekarang ada 48 buah. tinggi bangunan kurang lebih 26,4 meter.

TIPS ASIK LIBURAN DI CANDI MENDUT

Kalau Yang Ini Waktu Saya Liat Dari Arah Vihara Candi Mendut, Terlihat Seperti Itu Gaes Candinya Megah Kan..

Di saat kamu menentukan destinasi wisata tambahan saat berlibur ke Candi Borobudur tentu pilihan tambahan yang tepat adalah Candi Mendut, di saya kalian bisa menikmati keindahan candi yang tidak kalah menarik dari Candi Borobudur, meski Candi Mendut tidak sebesar Candi Borobudur akan tetapi sejarah yang ada di saja juga konon katanya tidak kalah menarik dari Candi Borobudur. Namun disini saya tidak membahas mengenai sejarah Candi Mendut mungkin di post kami diary mas ifan berikutnya.

Langsung Aja Gaes Cek Beberapa Tempat-Tempat Yang Ada Di Candi Mendut yang patut untuk disinggahi.

Tampilan Depan Pintu Masuk Ke Candi Mendut, Terlihat Tangganya Besar-Besar Awas Hati-Hati Saat Naik Ya Gaes.

Candi Mendut Itu Sendiri !
Yah, tentunya yang pertama-tama ingin di lihat para wisatawan yang datang adalah melihat Candi Mendut itu sendiri. namun taukah kamu perbedaan antara Candi Mendut dan Candi Borobudur, Jika di Candi Mendut kalian benar-benar bisa bersantai sambil makan jajanan yang sudah disediakan oleh para pedagangan yang ada di samping Candi, dan kalian bisa memakan makanan tersebut sambil menggelar tikar di halaman candi. Tentunya nuansa seperti ini lah yang menjadikan pikiran kita benar - benar bisa beristirahat dan benar-benar liburan.

Vihara Buddha Mendut
Tidak hanya Candi Mendut saja yang terkadang membuat para wisatawan penasaran untuk datang ke sini, akan tetapi juga karena adanya Vihara Budhha Mendut yang terletak disebelah Candi Mendut. Vihara ini jaman dulunya merupakan sebuah biara Katholik yang kemudian tanahnya dibagi-bagikan kepada rakyat pada tahun 1950-an. Kemudian tanah-tanah yang sudah dibagikan kepada rakyat itu dibeli oleh sebuah yayasan Buddha dan kemudian diatasnya didirikan Vihara. Pada vihara itu terdapat asrama, tempat ibadah, taman dan juga ada beberapa patung Buddha. Beberapa patung yang ada di Vihara itu merupakan sumbangan dari Negara Sakura (Jepang).

Kameranya Nggak Kuat Ngelawan Sinar Matahari Sore Eitss Candinya Malah Jadi Keliatan Hitam Gaes.

Datang Sore Hari
Untuk bisa lebih menikmati sejuknya udara yang ada di Candi Mendut dan juga bisa lebih merasakan kearifan lokal yang ada di sana, coba saja datang pada waktu sore hari, dijamin gaes suasananya bener-bener tentrem neng ati (tenteram di hati) kalau orang jawa bilang.

Suasana sore hari yang sejuk angin sepoy-sepoy itu bisa kalian nikmati pada waktu pukul 03.30 WIB ke atas, karena jika kalian datang pada waktu Pukul 02.00 WIB cuacanya biasanya masih panas dan mungkin akan sedikit bisa mengurangi fil liburan menyenangkan Anda.

Tawar Terus Sampai Berhasil !
Jika kalian ingin berbelanja Cindera Mata atau Merchandise di sana INGAT!!!, Selalu menawar jangan langsung mau di kasih harga awal, karena biasanya tawaran yang kita ajukan kepada para pedagang akan mereka pikirkan ulang, dan biasanya kalau kita menawarnya tidak keterlaluan mereka akan melepas barang yang kita mau dengan harga tersebut.

Jangan Lupa Bawa Pemandu?
Ini mungkin khusus yang benar-benar ingin mengerti sejarah mengenai Candi Mendut, karena penjaga yang ada di sana tidak mengerti benar sejarah lengkap Candi Mendut, jadi mungkin jawaban yang didapatkan jika Anda mencari Informasi akan kurang lengkap, jadi searching atau bisa mencari-cari pemandu yang ada di Candi Borobudur untuk menemani dan menjelaskan mengenai Candi Mendut.

Suasana Di Dalam Candi Nih Gaes..

Itu tadi gaes mengenai tips-tips yang bisa dilakukan saat kalian mendatangi Candi Mendut, dari sekian banyaknya hal yang bisa dilakukan hal yang menyenangkan menurut saya adalah ketika masuk ke dalam Candi Mendut, Berjalan-jalan memutari Vihara Candi Mendut dan Makan Kuliner atau jajanan yang ada di Candi Mendut, seperti Kupat Tahu & Mie Ayam dengan di lengkapi Tempe Mendoan.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus