Masih Berusia 6 Tahun Akan Tetapi Ia Sudah Menjadi Ahli Kimia - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

Masih Berusia 6 Tahun Akan Tetapi Ia Sudah Menjadi Ahli Kimia

Ainan Celeste Cawley lulus level O Kimia (peringkat untuk anak usia 16 tahun) pada usia 7 tahun 1 bulan (yang termuda di dunia) dari Londo...
Ainan Celeste Cawley lulus level O Kimia (peringkat untuk anak usia 16 tahun) pada usia 7 tahun 1 bulan (yang termuda di dunia) dari London Edexcel dan belajar Kimia di tingkat tersier, di Politeknik, sejak umur 8 tahun 4 bulan.

Prestasi itu mencengangkan. Seorang bocah berusia 6 tahun sudah bisa menguasai pelajaran kimia tingkat perguruan tinggi, dan tercatat sebagai ahli kimia termuda di dunia. Ainan lahir pada 23 November 1999.

Ainan Celeste Cawley

Ainan sudah menunjukan hal yang tidak biasa. Di usia 4 bulan dia sudah merangkak. Sejak kecil Ainan, yang keturunan Melayu dan Irlandia, juga berminat membaca buku-buku sains khusus untuk orang dewasa di perpustakaan, kata ayahnya, Valentine Cawley, yang juga merupakan ketua jurusan Bahasa Inggris di Sekolah Linguaphone Education, Singapura.

"Selepas membaca, dia juga banyak menggunakan Internet bagi kajian yang lebih mendalam," kata Valentine yang asal Inggris.

Meski Ainan tidak membaca buku teks peringkat itu hingga 18 Juli 2006, dia mampu meraih peringkat Kimia GCE O pada 18 Januari 2007, tepat enam bulan kemudian, di British Council, di Singapura.

Pada usia 3-4 tahun, Ainan begitu tertarik kepada struktur tiga dimensi yang kompleks dan melukis bentuk-bentuk 2 dimensi sebagai permainan.

Melalui minat dalam struktur abstrak ini, dia mulai mengenali bentuk molekul dan ilmu kimia.

"Bila adik-adiknya, Finta dan Tiarnan bermain dia sibuk melukis," kata ibunya, Syahidah Osman Cawley, seorang seniman asal Singapura yang dapat melukis dengan kedua tangannya.


Syahidah mengatakan Ainan belajar sendiri tentang sains melalui internet. pada usia 6 tahun, dia diberi buku teks peringkat O kepunyaan keluarganya lalu membaca dan memberitahukan apa yang dia pahami kepada ayahnya. Bila diberi kertas tes dari buku kimia itu, semua jawabannya betul.

Saat ini, Ainan melanjutkan studinya di Universitas Help di Malaysia dalam menuntaskan studinya meraih gelar sarjana. Meski memiliki kemampuan luar biasa, bocah ini tetap tidak berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Khususnya kala dia bermain game dan berkumpul bersama dengan dua saudaranya.

Ainan pernah didaftarkan ke sekolah umum. Namun, di hari pertama masuk sekolah, bocah itu sudah tidak suka karena membosankan. Orangtuanya lalu meminta program home-schooling. Berbagai upaya mendapat sekolah khusus bagi Ainan tidak didapati orangtua Ainan di Singapura, sehingga mereka mencari sampai di Malaysia.

Kampus Help, Malaysia, langsung menerimanya dan memberikan program perkuliahan yang cocok bagi kemampuan luar biasa Ainan. Di tahun 2009, Ainan masuk program televisi "The World's Cleverest Child and Me" di Inggris.

Di usianya menginjak 8 tahun 9 bulan, dia mencatat rekor bisa mengingat angka sampai 518 digit. Suatu kemampuan yang jarak dimiliki, bahkan oleh orang dewasa.

Nama Ainan masuk rekor Singapore Book of Records sebagai anak termuda yang menguasai kimia. Dengan IQ 200 lebih, Ainan juga pernah mengajar kimia di Sekolah Singapura pada 2006, dan membuatnya menjadi guru sains termuda di dunia.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus