6 Cara Menjual Barang Secara Online Di Internet - Welcome To Mas Ifan Blog

6 Cara Menjual Barang Secara Online Di Internet

Berkat kecanggihan teknologi, saat ini semua orang sudah bisa menjual dan juga membeli produk apapun secara online. Dengan hanya melalui aks...
Berkat kecanggihan teknologi, saat ini semua orang sudah bisa menjual dan juga membeli produk apapun secara online. Dengan hanya melalui akses internet baik itu melalui smartphone atau komputer, kalian sudah bisa melakukan kegiatan jual-beli dengan cepat dan juga mudah.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis online, Ada berbagai macam media untuk kalian mempromosikan dan juga memasarkan barang-barang yang kamu jual. Anda bisa menjual barang baru atau juga barang bekas dengan memanfaatkan 6 cara berikut ini.

Ilustrasi ( Sumber Gambar @Source )

Langsung disimak ya gaes baik-baik biar kalian paham dan dagangan pun menjadi laris manis tentunya.

1. JUAL MELALUI APLIKASI PESAN

Aplikasi pesan seperti LINE, BBM dan juga WhatsApp tidak hanya sekedar aplikasi Chatting atau bertukar pesan. Anda juga memanfaatkannya sebagai ruang untuk berjualan barang. Sudah banyak online shop yang memanfaatkan aplikasi ini.

Sumber Gambar  @techcrunch.com

Bahkan karena saking mujarabnya WhatsApp dan juga LINE sudah secara khusus membuat aplikasi untuk bisnis yang ditujukan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah. Dengan membuat akun untuk profil bisnis. Tentunya menjadikan kita lebih mudah dalam berinteraksi kepada pelanggan dan juga mengembangkan bisnis kamu.

2. JUAL DI WEBSITE TOKO ONLINE SENDIRI

Cara ini bisa dibilang sedikit merepotkan untuk Anda yang tidak pernah mengelola sebuah blog atau website. Akan tetapi cara ini bisa dikatakan lebih bagus dalam hal membangun situs e-commerce agar bisnis kalian terlihat lebih profesional dan kamu lebih mempunyai kebebasan dalam mengelola bisnis kamu.

Sumber Gambar @Source

Kita memiliki banyak pilihan platform dalam membuat website toko online sendiri, Untuk kalian pembisnis pemula juga bisa mencoba platform yang gratisan terlebih dahulu dan membuat tampilan yang menarik.

3. JUAL DI WEBSITE MARKETPLACE

Website Marketplace merupakan website yang mempertemukan antara penjual dan juga pembeli di dunia maya. Proses jual-beli sudah tersistem dengan aman dan baik. Umumnya tidak ada tawar-menawar lagi, dan umumnya sistem website marketplace sudah memfasilitasi transaksi uang secara online. Sehingga nantinya akan ada biaya transaksi atas produk yang berhasil terjual, tergantung dari kebijakan situs.

Sumber Gambar @Source

Situs Marketplace di Indonesia ini ada banyak sekali, contohnya seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Elevania, Bhineka, Zalora, Shopee dan masih banyak yang lainnya. Cobalah untuk mendaftarkan diri menjadi merchant atau seller, lantaran barang jualan Anda akan menjadi berpotensi lebih besar untuk dilihat jutaan pelanggan situs tersebut.

4. JUAL DI SOSMED

Saat ini menggunakan media sosial sudah menjadi gaya hidup. Pengguna media sosial sudah mencapai puluhan juta sampai dengan ratusan juta orang, menjadikan saat ini berjualan secara online menjadi hal yang sangat tepat.

Sumber Gambar @Source

Ada banyak sekali media sosial yang bisa digunakan untuk berjualan seperti Instagram, Facebook, Youtube, Twitter dan yang lainnya. Anda bisa memanfaatkan salah satu atau semua media itu untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk Anda. mengiklankannya dan kemudian membangun sebuah komunitas konsumen di dunia maya.

5. JUAL DI FORUM ONLINE

Forum online menjadi wadah untuk menemukan orang yang mungkin berminat kepada produk Kamu. Kamu bisa berdiskusi mengenai berbagai topik, seperti gosip, politik atau juga berjualan.

Sumber Gambar @seoclerk.com

Seperti halnya forum jual-beli di Kaskus dan juga Detik. Kamu bisa coba langsung bergabung di sana, kemudian membuat sebuah thread untuk mempromosikan barang dagangan kalian. Akan tetapi selalu ingat dalam setiap forum mempunyai kebijakan masing-masing yang harus dipatuhi.

6. BERJUALAN DI WEBSITE IKLAN BARIS

Iklan Baris Online adalah cara yang bisa dibilang juga cukup lumayan karena tidak mengeluarkan uang atau kalian harus membayar. Di sana Kamu bisa membagikan informasi singkat tentang barang dagangan yang kamu jual dan gambar yang mendukung. Akan tetapi ada juga iklan baris yang kadang hanya berisikan teks.

Sumber Gambar @geebo.com

Kamu bisa bergabung di website iklan baris itu untuk memperluas promosi kalian, Contoh situs iklan baris online yang sangat populer adalah OLX. Selain itu ada juga media berita online yang juga memberikan fasilitas iklan baris online, seperti PosKotaNews atau juga Warta Kota.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk Menjual Barang Secara Online agar bisa cepat terkenal dan laku tentunya. Khusus bagi kalian yang merupakan seorang pemula strategi promosi wajib kalian siapkan agar pemasaran yang dilakukan efektif. Pasalnya bisnis online memang begitu menjanjikan, akan tetapi perlu disadari bahwa persaingan akan semakin sengit. Maka dari itu, Anda harus menyusun strategi bisnis yang matang supaya bisa sukses merebut hati para pembeli.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus