Cari Tau Apa Itu Passion?, Dan Betapa Pentingnya! - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

Cari Tau Apa Itu Passion?, Dan Betapa Pentingnya!

Nggak tau kenapa hari ini pingin banget Nulis Tentang Passion ?, Mungkin karena habis membaca Quots dari Martin Luther King Jr . yang sangat...
Nggak tau kenapa hari ini pingin banget Nulis Tentang Passion?, Mungkin karena habis membaca Quots dari Martin Luther King Jr. yang sangat memberikan penjelasan mengapa dan betapa pentingnya Passsion dalam sebuah pekerjaan.

"Jika Anda menjadi penyapu jalanan, Anda harus menyapu jalan layaknya Michelangelo melukis, sejenius Beethoven menggubah musik, atau seindah tulisan Shakespeare. Anda harus menyapu jalan dengan sangat baik, sehingga semua "tentara" surga dan bumi berhenti sejenak dan berkata, 'Di sini, tinggal penyapu jalanan yang melakukan pekerjaannya dengan sangat baik'." (MARTIN LUTHER KING JR).

Passion Bisa Menjadi Kunci Sukses Seseorang by Diary Mas Ifan

Passion adalah segala hal yang sangat kita sukai atau minati, sehingga kita tidak pernah berpikir untuk berhenti mengerjakannya.

DEFINISI PASSION

Passion (from the Ancient Greek vert (paskbo) meaning to suffer) is a term applied to a very strong feeling about a person or thing. Passion is an intense emotion compelling feeling, enthusiasm, ordesire for something.

Sementara itu, Career Coach, Rene Suhardono, menyatakan bahwa passion adalah segala hal yang sangat disukai atau diminati oleh seseorang sehingga ia tidak pernah berpikir untuk berhenti mengerjakannya. Passion adalah segala macam wujud keunikan (keistimewaan) yang dimiliki dan dirasakan oleh seseorang.

CIRI-CIRI PASSION

John Hagel III, penulis buku Pursuing Passion, menjelaskan bahwa ciri-ciri passion adalah sebagai berikut :

1. Passion is always about pursuit (passion bukan sesuatu yang pasif), sehingga seseorang selalu tergerak untuk berbuat sesuatu guna mendapatkan apa yang diinginkannya.

2. Passion itu tentang performance, sehingga seseorang yang mengejar passion otomatis memegang ukuran performance yang diharapkan.

3. Passion itu tentang jejaring, sehingga seseorang selalu berusaha menarik orang lain yang memiliki passion yang sama untuk mewujudkannya secara bersama-sama. Sebab, mereka paham bahwa dengan bekerja sama dan satu sama lain, kemungkinan meraih sukses lebih besar.

4. Passion adalah tentang pengambilan risiko, (passion diminishes perceptions of risk and amplifies perceptions of reward). Dalam cara yang aneh, terkadang risk menjadi reward bagi orang-orang yang passionate.

5. Passion adalah tentang sesuatu yang autentik, (passion adalah tentang berbagi kreasi, bukan tentang rekayasa). Sebab, passion dapat memberikan makna hidup bagi seseorang dan 'menggemakannya' ke orang lain.

MENGAPA KAMU WAJIB MENGETAHUI PASSION KAMU?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya sahabat diary mas ifan menyimak terlebih dahulu cerita dari dunia binatang berikut.

Suatu hari, hewan-hewan besar di hutan berkumpul dan bermusyawarah. Mereka ingin mendidik anak-anak mereka supaya memiliki kemampuan lebih. Oleh karena itu, mereka pun memutuskan untuk membuat sekolah yang mengajarkan keahlian memanjat, menggali, terbang, berlari dan berenang.

Karena hewan-hewan besar itu tidak berhasil menemukan kata sepakat mengenai subjek yang paling penting, maka semua murid sekolah tersebut diwajibkan mengikuti kurikulum yang sama. Dengan kata lain, setiap murid harus mengikuti mata pelajaran memanjat, menggali, terbang, berlari dan berenang.

Tentu saja, si kancil yang terkenal jago lari merasa sangat kesulitan bahkan hampir tenggelam ketika mengikuti pelajaran berenang. Berkali-kali, ia meminum air karena tidak kuat menahan napas sewaktu berada di dalam air.

Pengalaman ini membuat batinnya terguncang. Ia merasa tidak mempunyai potensi diri lagi.

Melihat si kancil pulang dengan wajah murung dan putus asa, sang ibu pun memberinya motivasi.

Tidak tanggung-tanggung, demi meningkatkan kemampuan si kancil dalam berenang, sang ibu memutuskan untuk mendaftarkan si kancil les renang. Sejak saat itu, si kancil sibuk berlatih berenang, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Suatu pagi, si kancil bangun kesiangan. Ia merasa badannya letih dan pegal-pegal. Namun, ia bertekad untuk masuk sekolah agar tidak ketinggalan materi pelajaran di sekoah. Ia pun mengeluarkan seluruh tenaganya dan berlari sekencang-kencangnya. Sayangnya, ia tetap terlambat sehingga tidak diizinkan masuk mengikuti pelajaran.

Saat itulah, ia menyadari bahwa larinya tidak secepat dulu lagi. Akhir-akhir ini, ia sibuk berlatih berenang hingga tidak sempat mengasah keahlian alaminya dalam bidang lari.

Sementara itu, burung elang yang pandai terbang juga merasa kesulitan saat mengikuti pelajaran menggali. ia tidak mampu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Maka, sepulang sekolah, ia harus mengikuti pelajaran tambahan menggali. Karena waktunya tersita untuk berlati menggali, ia lupa cara terbang.

Hewan-hewan lainnya, seperti singa, angsa, kerbau, dan kera juga mengalami hal yang sama. Mereka tidak berprestasi di bidang keahliannya masing-masing karena dipaksa melakukan hal-hal lain di luar bakat alami mereka.

Itulah gambaran jika kita bekerja tidak sesuai passion yang kita miliki. Kita menjadi tidak maksimal dan kehilangan gairah dalam bekerja. Bahkan, lambat-laun, kehilangan bakat alami yang kita miliki.

Maka dari itu betapa pentingnya Passion dalam sebuah pekerjaan yang dilakukan manusia!!!
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus