VAR Menurutmu Perlu Atau Tidak Perlu?, Yuk Cari Tau Tentang VAR - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

VAR Menurutmu Perlu Atau Tidak Perlu?, Yuk Cari Tau Tentang VAR

"VAR" Berhasil Menciptakan Suasana Sepakbola Yang Berbeda Dari Sebelumnya. Var atau Video Assistant Referee kini menjadi hal yang ...
"VAR" Berhasil Menciptakan Suasana Sepakbola Yang Berbeda Dari Sebelumnya. Var atau Video Assistant Referee kini menjadi hal yang sudah tidak baru lagi di dunia sepak bola usai Piala Dunia.

Kehadirannya di Piala Dunia 2018 berhasil memberikan sentuhan teknologi mumpuni untuk mengetahui kebenaran dalam sebuah pelanggaran yang terjadi. Meski begitu kadang pertandingan juga harus terpaksa dihentikan, akan tetapi berkat VAR keputusan yang dibuat oleh wasit menjadi tidak salah.

Var Kalau Kamu Setuju Atau Tidak ( Sumber Gambar @Source )

Sebagai sebuah teknologi, VAR bisa dikatakan menyuguhkan begitu banyak kelebihan untuk dunia sepak bola. Namun seperti buatan manusia yang lainnya, VAR juga punya sebuah sisi negatif. Video Assistant Referee ini dinilai oleh beberapa orang sudah mengubah cita rasa sepak bola yang kerap dibumbui dengan kontroversi dan juga drama. Kemudian seperti apakah sebenarnya teknologi yang sudah merubah sejarah piala dunia ini? Disimak sampai selesai ya gaes .....

PERTAMA KALI HADIR DI RUSIA, GUNA MEMINIMALISIR KESALAHAN WASIT

Sumber Gambar @Source

Sebelum hadir seperti saat ini, VAR adalah teknologi yang sudah dikembangkan beberapa tahun lalu. Sebagai sebuah piranti pendukung, VAR bertugas untuk memfilter kesalahan wasit yang kerap terjadi dalam sebuah pertandingan. Piala Dunia Rusia ini menjadi awal mula teknologi ini digunakan di lapangan hijau secara resmi. Tercatat sudah ada 20 keputusan yang dibuat dengan alat VAR ini. Mulai dari pemberian pinalti hingga offside atau tidaknya seorang pemain sepak bola.

DIGERAKKAN DENGAN BANYAK KAMERA CANGGIH DAN JUGA 13 ORANG WASIT YANG MEMBANTU DI BELAKANG LAYAR

Sumber Gambar @Source

Dalam kerjanya VAR tidaklah sendirian, ia bekerja dengan 13 orang wasit di dalamnya. Dimana ada 4 orang di setiap laga yang menjadi operator alat itu. Tidak berhenti di situ saja, demi untuk mendapatkan hasil yang optimal video assistant referee ini juga dilengkapi dengan sebanyak 33 kamera dan 12 kamera dengan kemampuan super yang bisa menangkap segala bentuk kejadian yang terjadi di lapangan. Mulai dari kamera yang punya kecepatan normal hingga menyaksikan terjadinya Offside. Berkat hal inilah para pemain yang melakukan tindakan-tindakan tak terpuji dalam laga bisa diketahui dengan begitu mudah.

VAR DIPERGUNAKAN UNTUK EMPAT KEJADIAN BESAR DI ATAS LAPANGAN HIJAU

Sumber Gambar @Source

Sebagai teknologi yang memang diciptakan untuk membantu Wasit, VAR dipergunakan agar wasit bisa memutuskan beberapa kejadian yang terjadi dalam pertandingan ia mungkin tidak ia lihat. Teknologi ini juga menentukan kala terjadi gol, keputusan penalti, pemberian kartu kepada pemain dan juga sanksi apa yang harus diberikan kepada pemain.

Jika melihat hal itu, jelas hadirnya VAR memang sedikit mengurangi cita rasa dalam sepak bola, karena memang empat hal itu merupakan tempat asal munculnya sebuah drama dalam dunia sepak bola. Selama penggunaannya di Piala Dunia Rusia 2018 VAR ditempatkan di satu tempat saja yaitu di Moscow IBC.

BERKAT VAR TERCIPTA SEBUAH SEJARAH BARU

Berkat VAR sudah tercatat selama Piala Dunia Rusia 20 tindakan kontroversi di atas lapangan yang diselesaikan dengan teknologi ini. Selain bisa meminimalisir kesalahan wasit, berkat piranti yang satu ini juga tercipta sebuah sejarah baru dalam ajang Piala Dunia.

Sumber Gambar @Source

Tercatat dalam Piala Dunia Rusia, VAR sudah menciptakan 14 kali pinalti dari 29 laga. Catatan yang membuat rekor pinalti di Piala Dunia terpecahkan, Kala 2014 tendangan pinalty hanya tercipta sebanyak 13 kali saja.

Terlepas dari pro dan kontra mengenai teknologi ini, VAR menurut Mas Ifan tetap merupakan sebuah terobosan yang positif untuk kemajuan sepak bola itu sendiri. Meski tidak sempurna atau masih belum sempurna, akan tetapi sudah berhasil memberikan keadilan yang seadil-adilnya. Coba aja jika setiap kursi-kursi para pejabat itu dipasangi VAR hihihi..

VAR sendiri membuat sepak bola menjadi jauh lebih fair play dan juga benar-benar memberikan kegembiraan kepada sesama. Gimana kalau menurut kalian sahabat Diary Mas Ifan mengenai VAR ini???.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus