6 Kontribusi Bangsa Yunani Kuno Untuk Dunia Saat Ini - Welcome To Diary Mas Ifan Blog

6 Kontribusi Bangsa Yunani Kuno Untuk Dunia Saat Ini

Diary Mas Ifan - Yunani Kuno merupakan salah satu peradabaan penting pertama di Eropa. Era Klasik, selama abad ke-5 dan abad ke-6 SM, meliha...
Diary Mas Ifan - Yunani Kuno merupakan salah satu peradabaan penting pertama di Eropa. Era Klasik, selama abad ke-5 dan abad ke-6 SM, melihat negara mencapai pada puncaknya dan periode khusus ini punya pengaruh yang begitu hebat terhadap budaya barat.

Dan tentunya Bangsa Yunani Kuno memiliki peran yang sangat banyak untuk bangsa dunia sekarang ini.

Dan berikut ini beberapa kontribusi Bangsa Yunani Kuno yang berhasil merubah dunia sampai saat ini.


SENI 

Salah satu dari sekian banyak bidang dimana Yunani Kuno mempunyai pengaruh yang dalam adalah Seni. Yang pertama kali mengembangkan konsep keindahan estitika, orang Yunani Kuno menciptakan patung-patung spektakuler yang sudah mengilhami seniman dari Renaisans sampai kini.

Ilustrasi

Lebih jauh, Mitologi Yunani adalah sumber inspirasi utama untuk begitu banyak pelukis Eropa, yang menggambarkan begitu banyak dongeng dan mitos dalam karya-karya mereka.

PEMERINTAHAN

Ilustrasi

Di bagi menjadi negara-kota, Yunani Kuno berhasil menjadi sumber inspirasi begitu banyak sistem politik yang sampai saat ini kita ketahui. Demokrasi diciptakan di Athena dan itu unik dalam arti bahwa setiap warga negara punya hak untuk berbicara dan memilih di majelis, dimana hukum dan keputusan dibuat.

ARSITEKTUR

Ilustrasi

Arsitektur Yunani Kuno berhasil mempengaruhi begitu banyak gaya arsitektur yang ada saat ini. Penggunaan kolom dan pedimen misalnya, adalah warisan dari Yunani Kuno ada ada banyak sekali gedung-gedung publik modern, seperti musem, gedung parlemen dan bahkan peringatan.

Kebanyakan Arsitektur warisan Bangsa Yunani Kuno penuh dengan bentuk seni terlihat dalam kontruksi seperti Acropolis Athena atau tempat perlindungan Delphi.

OLAHRAGA

Ilustrasi

Olipiade. Kompetisi olahraga fenomenal yang kita ketahui saat ini sebenarnya sudah ada sejak 776 SM yang lalu dan diadakan setiap 4 tahun sekali di Olympia, di Peloponnese. Permainan-permainan ini sudah berlangsung lebih dari 1.000 tahun sebelum akhirnya dihapus kala agama Kristen mencapai Yunani. Warisan lainnya dalam bidang olahraga adalah maraton.

Perlombaan ini sbeenarnya bukan bagian dari kompetisi olahraga akan tetapi jarak seorang tentara berlari dari medan perang ke Athena untuk mengumumkan kemenangan orang Athena menghadapi Persia pada 490 SM.

LITERATUR

Sejauh menyangkut literatur, orang-orang Yunani Kuno merupakan orang yang pertama membuat sastra kompleks, yang masih mempengaruhi sampai saat ini. Salah satu gaya sastra terua adalah puisi, dan lebih khusus lagi, puisi epik, kebanyakan dipergunakan untuk mengilustrasikan kisah seorang pahlawan.

Ilustrasi

Puisi epik tertua yang masih hidup adalah Iliad dan Odyssey, ditulis oleh Homer, sekitar sekitar 800 SM. Tapi itu sebagian besar selama era Klasik yang sastra Yunani kuno berkembang dengan gaya baru yang muncul seperti sejarah. Itu adalah Herodotus, seorang pria yang hidup di abad ke-5 SM, yang pertama mulai meneliti dan mengumpulkan arsip sejarah untuk menyusunnya menjadi narasi. Dalam filsafat, karya Plato, Aristoteles, dan Socrates telah mempengaruhi pembentukan etika modern dan Hippocrates menulis esai medis yang masih dibaca di sekolah kedokteran.

ILMU PENGETAHUAN

Ilustrasi

Orang Yunani Kuno punya begitu banyak waktu di tangan mereka kala mereka tidak terlibat dalam perang. Mereka memiliki waktu untuk mengamati dan memikirkan alam semesta dan semua yang ada di sekitarnya. Dengan begitu, para ilmuwan Yunani Kuno membuat penemuan signifikan dalam berbagai bidang seperti astronomi, kedokteran, geometri dan matematika.

Nah, itu dia sahabat diary mas ifan kontribusi Bangsa Yunani Kuno pada dunia ini. Semoga bisa menjadi bacaan yang bermanfaat ya sahabat.
KLIK DISINI UNTUK KOMENTAR Disqus