Breaking

Saturday, August 13, 2016

Pesona Masjid At Taubah Situ Babakan, Simbol Budaya Betawi

Pesona Masjid At Taubah Situ Babakan, Simbol Budaya Betawi

Meski keberadaan masjid ini belum diketahui orang luas, namun bagi warga sekitar Masjid At Taubah yang bercorak serba Betawi ini memiliki arti tersendiri. Selain dijadikan tempat beribadah rutin, namun juga sebagai tempat pagelaran budaya Betawi.

Bagi siapa saja yang main ke wilayah Situ Bbakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, jangan lewatkan untuk mampir ke Masjid At Taubah atau biasa disebut sebagai Masjid Betawi. Masjid yang dibangun sejak 1965 di Jalan Setu Babakan RT 013/08 Sr Sawah Jagakarta, Jakarta Selatan tersebut selain tempatnya nyaman, indah dan asri, namun juga ramai dikunjungi pengunjung dari dalam Jakarta maupun luar Jakarta lantaran dalam aktivitasnya juga dijadikan sebagai tempat pagelaran budaya Betawi karena lokasinya bersebalahan dengan kawasan wisata Kampung Betawi, Situ Babakan.

Masjid At Taubah Situ Babakan, Depok ( Foto @U-Report )

Cukup rumit untuk bisa berkunjung ke Masjid Betawi At Taubah, Situ Babakan. Bagi Anda yang baru datang dari luar kota dengan transportasi kereta api, Anda dapat menaiki sarana transportasi transjakarta (busway) dari stasiun Gambir menuju Harmoni kemudian dari halte Harmoni, Anda bisa menuju Ragunan dengan menggunakan transjakarta menuju halte ragunan. Dari ragunan, Anda dapat menaiki taksi untuk langsung menuju Situ Babakan dan lokasinya tidak terlalu jauh jika Anda dari Ragunan.

Selain dijadikan sebagai sarana ibadah, Masjid At Taubah juga menggambarkan simbol budaya Betawi. Menurut H Satroji, selaku pengurus Masjid At Taubah mengatakan bahwa dari zaman dahulu warga kampung Situ Babakan menjadikan masjid ini sebagai tempat untuk acara tradisi dan kesenian Betawi. Selain itu, nuansa dan ornamen yang ada di masjid serba khas Betawi. "Mulai dari bentuk arsitektur masjid sampai kegiatannya yang semuanya khas Betawi karena masjid ini juga simbol kebudayaan Betawi dan kesatuan masyarakat Betawi dengan Islam," jelasnya.


Hampir semua ornamen - ornamen Masjid At Taubah didominasi dengan corak khas Betawi. Menuru Satroji, Masjid At Taubah masih minim akan fasiltas seperti Air Conditioner ataupun fasilitas khusus perpustakaan. "Yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke masjid ini karena seperti natural dan mereka banyak betah berlama - lama di dalam masjid karena anginnya sangat sejuk, terutama pemandangan di belakang masjid juga dapat langsung melihat Danau Situ Babakan," tutur Satroji.

Satroji menambahkan bahwa Masjid At Taubah juga disesuaikan dengan gaya khas rumah Betawi agar kesan gaya Betawi selalu melekat pada pandangan pengunjung dari luar. "Rumah Betawi adalah salah satu daya tarik budaya tradisional Betawi sehingga kita harapkan begitu orang melihat Masjid ini, maka orang langsung berpendapat kalau ini adalah masjid gaya Betawi," ujar Satroji menambahkan.


AKTIVITAS BERAGAM
Di Masjid At Taubah juga terdapat aktivitas ibadah rutin seperti pengajian untuk umum setiap bakda Isya dan temu ulama minggu kedua setiap bulannya. Namun, yang paling unik adalah tradisi kegiatan kesenian adat Betawi yang biasa ditampilkan di halaman masjid. "Kegiatan tradisional Betawi seperti acara tarian Betawi, drama dan pantun, pencak silat Betawi seperti acara palang pintu yang biasa diselenggarakan menyambut ulang tahun Kota Jakarta," Ucap Pria Paruh Baya tersebut.


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact