Breaking

Monday, March 27, 2017

Pemborosan Uang Yang Tak Disadari

Pemborosan Uang Yang Tak Disadari

Kebanyakan orang mengatakan ingin menabung. Uang yang ditabung dari satu bidang bisa dibelanjakan untuk bidang lain. Atau bahkan lebih baik lagi, uang bisa tumbuh sebagai investasi untuk masa depan. Tapi, kendati pun menyadari manfaat menabung, sebagian orang memboroskan uang tanpa disadari. 

Berikut ini aktivitas yang rupanya bisa memboroskan uang, yang perlu segera Anda kendalikan jika tidak mau boros secara tidak sadar.

Ilustrasi Pemborosan Yang Jarang Diketahui ( Foto @Diary Mas Ifan )

BELANJA DI TOKO CONVENIENCE

Sebagian orang tidak memikirkan harga tinggi yang mereka bayar saat belanjar di toko convenience. Padahal belanja di sini menghabiskan banyak uang. Beda dengan toko biasa, toko convenience tidak belajar makanan dalam jumlah besar.

Selain itu, mereka juga membuat kita membayar lebih banyak untuk kenyamanan yang mereka berikan. Jadi, jika tidak dalam keadaan darurat, hindari belanja di toko convenience. Harga premium yang kita bayar untuk kenyamanan itu tidak seimbang dengan kenyamanan yang kita dapatkan.

Sebagai contoh, harga sebotol cola di toko convenience mungkin sama dengan harga beberapa botol di toko bahan pangan. Jika Anda cenderung berhenti untuk beli minuman, beli 12 botol di supermarket atau toko biasa dan simpan di mobil. Jika Anda sering belanja di toko seperti ini, Anda bisa menabung banyak dalam setahun.

PROGRAM PONSEL

Luangkan waktu untuk periksa tagihan ponsel Anda. Ada kemungkinan Anda bayar lebih dari yang diperlukan. Dengan banyaknya program yang ditawarkan, pilih yang paling sesuai dengan cara pemakaian telepon Anda. Periksa juga feature tambahan seperti mobile internet dan text messaging. Jika Anda tidak sering menggunakan feature ini, batalkan saja karena menghabiskan uang Anda setiap bulan.

SOFT DRINK

Pesan minuman ketika makan di restoran bukan hanya meningkatkan pengeluaran, tapi minuman ringan termasuk barang yang harganya dinaikkan paling tinggi di restoran sehingga memberikan nilai yang lebih rendah untuk uang Anda.

BIAYA BANK YANG TAK PERLU

Banyak orang yang secara tak sadar membayar banyak uang untuk bank mereka dalam bentuk biaya. Jika Anda tak tahu biaya yang Anda bayar, luangkan waktu beberapa menit untuk mencari tahu. 

Sebagian bank mengenakan biaya untuk menggunakan ATM bank lain. Kunci untuk biaya ini adalah, hanya tahu tentang hal ini. Dengan demikian, Anda akan menghemat jika belanja dengan kartu kredit.

BIAYA KARTU KREDIT

Punya banyak kartu kredit berarti harus bayar banyak biaya. Pastikan untuk bayar tepat waktu, kendati pun jika bayar tagihan minimum. Banyak kartu kredit yang mengenakan biaya keterlambatan yang cukup tinggi.

PROAKTIF

Luangkan waktu beberapa jam untuk mengkaji kebiasaan yang mungkin sudah terakumulasi dari tahun ke tahun. Menghilangkan kebiasaan ini bisa menghembat banyak untuk jangka panjang.

Nah, itu dia sobat diary mas ifan beberapa hal yang mungkin tidak kalian sadari bahwa itu adalah sebuah pemborosan yang bisa menjadikan Anda selalu berpengeluaran banyak di setiap minggu, bulan atau tahun.


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact