Breaking

Friday, July 28, 2017

Desa Pembuat Wayang, Desa Kepuhsari

Desa Pembuat Wayang, Desa Kepuhsari

Desa ini berlokasi di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Dari jumlah penduduk sekitar 6.000 jiwa, 50 orang diantaranya mencari nafkah dengan membuat wayang kulit. 

Selalu ada meja di depan rumah untuk menatah dan melubang wayang kulit. Itu adalah pemandangan sehari-hari yang akan Anda dapati saat berkunjung ke sini. Dari anak-anak, dewasa hingga lansia pun melakukannya.

Salah satu pembuat wayang senior yang masih bertahan sampai saat ini adalah Pak Wagimin. Pria berusia 55 tahun itu sudah membuat wayangs ejak tahun 1970. Rumahnya sekarang dijadikan sanggar pembuatan wayang, penduduk setempat kerap mengambil material berupa kulit kerbau dari sana untuk ditatah dan dicat di rumahnya masing-masing.


Akan tetapi, jika Anda ingin menyaksikan perajin bekerja bersama-sama maka silahkan saja langsung datangi Balai Desa Kepuhsari.

MEMBUAT WAYANG SUDAH MENJADI TRADISI


Membuat wayang rupanya sudah mendarah daging dan dilestarikan secara turun-temurun warga Desa Kepuhsari. Salah satu perajin wayang di desa ini adalah Dwi Sunaryo yang menurutnya telah berjalan hingga 20 generasi. Anaknya yang bernama Bambang Riyadi, pernah diundang UNESO di Tiongkok untuk mengikuti pameran kerajinan dan budaya. Ia meraih medali emas dari penyelenggara.

APA YANG BISA KAMU DAPATKAN SAAT BERKUNJUNG KE DESA KEPUHSARI?

Selain melihat pembuatan wayang dan mengabadikan momentum itu melalui kamera, Anda pun juga bisa ikut serta melakukannya. Para pengrajin sangatlah ramah menyambut dan juga memberi informasi kepada pengunjung. Mereka pun dengan senang hati menerima Anda menjadi tamu, sambil melihat-lihat koleksi wayang yang dipajang di rumah mereka.


Pada hari-hari tertentu, Anda bisa juga menyaksikan pementasan wayang di rumah Pak Giri, salah satu perajin yang juga merupakan dalang di Desa Kepuhsari. Sering juga dipentaskan pagelaran wayang dengan dalang kecil yang sudah berprestasi.

Kegiatan bersama wayang bermanfaat untuk meningkatkan moral hidup, integritas, rasa tanggung jawab, ketekunan dan peduli terhadap sesama. Dalam menatah misalnya, perajin membutuhkan kesabaran dan motivasi untuk berkarya lebih baik. Selain itu, menjadi dalang dan menyaksikan pertunjukan wayang juga belajar meningkatkan moral karena yang dibawakan adalah kisah-kisah terpuji dan menghibur.

ADA 4 PAKET PROGRAM

Desa ini menawarkan 4 paket program, yaitu : Arjuna (1 hari), Kresna (2 hari), Pandawa (3 hari), dan Pandawa Max. Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjung situs resmi Desa Wayang Kapuhsari.


Dari pusat Kabupaten Wonogiri, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke kecematan Manyaran di selatan kota. Ada bus mini dengan rute Kecamatan Manyaran bertarif Rp. 8.000,- mintalah kepada kondektur untuk diturunkan di Desa Kepuhsari.

TRANSPORTASI

Kabupaten Wonogiri ini bisa diraih dengan bus selama 15-20 jam dari Jakarta. Jika ingin menghemat waktu, Anda bisa terbang terlebih dahulu ke Yogyakarta ataupun Solo. Ada taksi yang bisa disewa dengan tarif Rp. 300.000 hingga ke pusat Kabupaten Wonogiri.


TIPS

Tidak ada papan penjelasn nama Desa Kapuhsari yang dipasang di sini sehingga jika menggunakan kendaraan pribadi maka Anda harus aktif bertanya pada penduduk setempat. Akan tetapi, jangan khawatir karena desa ini begitu terkenal, hampir seluruh penduduk Kecamatan Manyaran mengetahuinya dan bisa menunjukkan jalan untuk Anda.


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact