Breaking

Monday, February 19, 2018

Tips Mengatasi Berita HOAX, Dan Cara Agar Tidak Menjadi Korban

Tips Mengatasi Berita HOAX, Dan Cara Agar Tidak Menjadi Korban

Seperti yang kita ketahui sejak Internet mulai dikenal banyak orang dan mulai populer dengan berbagai fitur didalamnya semakin banyak pula hal-hal negatif yang ada didalamnya, seperti halnya media sosial yang kerap dijadikan jalur alternatif bagi para penyebar berita hoax, ancaman atau juga promosi yang memaksa untuk memasarkan barang dagangan mereka.

Sebenarnya justru di media sosial lah berita hoax itu sangat mudah sekali tersebar, karena memang alat yang mudah dan bisa dibilang gratis adalah media sosial. Umumnya berita hoax akan di tulis dalam sebuah website atau blog dan kemudian dishare, dan orang pertama yang share biasanya meminta yang lainnya juga ikut share.

Ilustrasi Penyebaran Berita Hoax

Tapi yang menjadi keresahan adalah banyak orang yang kemudian ikut-ikutan share tanpa tau apa yang ada dalam isi postingan atau artikel yang mereka share yang sebenar-benarnya apakah hal itu hoax atau tidak. "Yang Penting Share Sepertinya Malah Dianggap Terupdate Dalam Pikirnya".

Begini cara paling tepat buat yang ingin mengatasi penyebaran berita hoax atau berita yang tidak sebenar-benarnya.

1. TELITI DULU KEBENARAN BERITA ITU

Jika ada pemberitaan yang mengabarkan sebuah daerah terkena bencana, memberitakan seseorang dengan pembicaraan negatif atau positif cobalah untuk tidak langsung percaya sampai kalian tidak benar-benar mengetahui banyak referensi lainnya, seperti contoh browsing langsung dan mencari tau kebenaran hal itu, apakah benar yang dibahas. Cari paling tidak 5 sampai 10 website apakah ada yang membahas hal tersebut. Jika pembahasannya sama ada kemungkinan berita itu benar dan bukan hoax.

2. JANGAN MENCARI ORANG YANG SUKA SHARE

Kalau postingan / artikel diary mas ifan ya jelas bukan hoax jadi boleh kalian share sebanyak-banyaknya, eitssss. Lanjut kembali ke topik..... Yang kedua adalah jangan suka share sembarangan, cobalah untuk tidak mudah menyebarkan berita yang belum benar-benar kamu ketahui kebenarannya, ini bak seperti kita menjadi seorang pemfitnah karena tidak tau kebenarannya sudah koarrr---koarrrr.

3. BISA IYA BISA TIDAK

Katakan kepada temanmu jika ada yang bertanya mengenai sebuah kebenaran berita, "Mungkin itu bisa benar atau juga bisa salah, atau bahkan bisa hoax" jika belum ada pemberitaan yang resmi maka jangan menyebarkan dulu dan katakan saja bisa iya bisa tidak. seperti contohnya pemberitaan mengenai kasus KORUPSI, belum tentu berita yang beredar itu benar si A korupsi, jika belum benar-benar terbukti maka jangan share berita tersebut karena kasihan juga jika ternyata terbukti tidak korup, bisa-bisa Si A itu sudah terlanjur banyak yang mendoakan jelek karena penyebaran berita hoax mengenai dirinya.

4. CERMATI SIAPA YANG SHARE?

Cobalah untuk berpikir seperti ini, ketika kita melihat ada sebuah postingan dengan domain asal-asalan terlebih domain tersebut masih memakai blogspot, wordpress jangan langsung percaya, coba teliti secara detail semua berita atau artikel yang dikeluarkan blog tersebut dengan begitu kalian bisa menilai sendiri apakah berita itu hoax atau tidak.

Itu dia Tips Mas Ifan untuk Mengatasi Berita Hoax, semoga kita semua tidak menjadi korban atau juga pelaku penyebaran berita hoax secara tidak sadar.


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact