Breaking

Wednesday, October 17, 2018

Hidup Itu Tidak Sulit, Kita Sendirilah Yang Membuatnya Sulit

Hidup Itu Tidak Sulit, Kita Sendirilah Yang Membuatnya Sulit

Diary Mas Ifan - Di dunia ini semuanya diciptakan saling berpasang-pasangan. Jika ada siang maka sudah tentu ada malam, dan jika ada senang tentu akan ada sedih, jika ada kemudahan tentunya juga akan ada kesulitan. Semuanya yang ada di dunia ini tidak akan abadi dan akan terus berganti. Ketika kita mendapatkan sesuatu yang menyenangkan dan menggembirakan, hidup akan terasa menjadi lebih baik.

Ilustrasi (Sumber Gambar @Source)

Akan tetapi saat kita mendapat kesulitan, cobaan yang berat atau permasalahan yang datang bertubi-tubi, kita tentu akan merasa jika hidup ini sangat sulit dan pahit. Rezeki yang lagi tidak lancar, sudah untuk mencari pekerjaan, atau sakit hati merupakan salah satu dari sekian banyaknya permasalahan yang ada di dalam kehidupan ini.

Di saat kita ditimpa permasalahan itu, entah mengapa hati ini begitu terasa berat untuk menghadapinya. Hidup terasa jauh lebih berat dan sulit sekali untuk menghentikan masalah itu. Efeknya membuat semangat hidup menjadi padam, batin terasa seperti tersiksa oleh masalah tersebut.

Akan tetapi yakinlah jika semua masalah itu sudah tentua kan selalu ada selama kita hidup di dunia ini. Permasalahan dan juga kesulitan tentu akan datang menghampiri kita, tidak pandang bulu siapa pun kamu, entah apakah kamu orang kaya, miskin, pejabat, rakyat, orang beriman atau pun tidak beriman, semuanya sudah tentu akan mengalami hal yang serupa.

Ada kalanya hidup ini akan terasa begitu bahagia seolah hanya diri inilah yang paling berbahagia di muka bumi ini. Akan tetapi hal itu tidak akan bertahan selama-lamanya, akan datang dimana kita akan ditimpa kesulitan yang berat. Pada kala itu, kita merasa bahwa kita adalah orang yang sangat menderita yang ada di muka bumi ini.

SULIT ITU KARENA KITA MEMBUATNYA MENJADI SULIT, BUKAN MENJADIKANNYA MUDAH

Hidup Itu Tidak Sulit, Kita Saja Yang Membuatnya Sulit ( Sumber Gambar @Source )

Jika semuanya saling bergantian, lantas bagaimana cara kita supaya tetap bisa bahagia meski sedang dalam begitu banyak kesulitan?

Jawabannya simpel sekali, hidup itu sebenarnya tak sulit, sampai kamu sendiri yang membuatnya jadi sulit.

Permasalahan yang datang sebenarnya disebabkan oleh diri kita sendiri. Contoh yang sangat umum dialami adalah masalah kurang uang atau ketika usaha sedang menurun. Coba kita renungkan, mengapa kita merasa kurang, kenapa kita takut jika usaha turun?

Memang itu merupakan sebuah masalah akan tetapi sebenarnya bisa dipermudah jika kamunya tidak mempersulit permasalahan itu. Yang menjadi masalah itu ada pada diri kita sendiri, meski gaji kamu 10 juta per bulan, akan tetapi keinginan kamu selama satu bulan mencapai 20 Juta, baru jadi masalah. Akan tetapi meski gaji kamu hanya 3-5 juta, akan tetapi jika kebutuhan kamu hanya 2 jutaan, hal itu tentu tidak akan menjadi masalah.

Contoh lainnya seorang mahasiswa yang merasa berat kala harus menghadapi skripsi. Sebenarnya skripsi itu tidaklah sulit, akan tetapi karena kita sudah terus menerus menganggap bahwa itu adalah hal sulit untuk dikerjakan, alhasil mengerjakan skripsi pun juga akan menjadi terasa begitu berat.

Begitu juga dengan masalah-masalah yang lainnya, jika kita menghadapi sebuah masalah dengan kepala dingin dan hati yang tenang, maka masalah itu sudah tentu tidak akan terasa berat.

Yuk sahabat Diary Mas Ifan, mulai dari sekarang kita mulai belajar untuk tidak mempersulit kehidupan ini. Jangan sampai yang sulit, dipersulit lagi, akan tetapi seharusnya yang sulit itu bisa kita permudah dengan terus berpikiran dingin, hati yang tenang dan selalu berdoa kepada Yang Maha Kuasa tentunya.


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact